Sukses

Tak Muncul di Perayaan Paskah, Pangeran Philip Dikabarkan Akan Operasi Pinggul

Pangeran Philip akan melakukan operasi pinggul menjelang kelahiran anak ketiga Duchess of Cambridge bulan ini, dan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle setelahnya pada Mei mendatang.

Liputan6.com, London - Duke of Edinburgh, Pangeran Philip dikabarkan segera menjalani operasi pinggul di rumah sakit pusat London.

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (4/4/2018), Istana Buckingham mengatakan Pangeran Philip sudah dirawat di Rumah Sakit King Edward VII di Marylebone pada Selasa 3 April 2018 sore waktu setempat, untuk menjalani prosedur yang telah direncanakan.

"Pembaruan informasi lebih lanjut akan dikeluarkan bila diperlukan," demikian pernyataan dari Istana Buckingham terkait perawatan Pangeran Philip.

Pembedahan itu dilakukan saat waktu sibuk keluarga kerajaan, menjelang kelahiran anak ketiga Duchess of Cambridge Kate Middleton bulan ini dan pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle setelahnya pada Mei mendatang.

Sejauh ini belum ada rincian tentang kondisi pangeran berusia 96 tahun itu. Namun, informasi yang disampaikan, dia tak hadir pada perayaan Paskah di Windsor akibat masalah pinggul.

Sebelumnya, dia juga tak menghadiri dua acara lain di Windsor Castle - Royal Maundy Service di St George's Chapel pada 29 Maret, dan parade pada 22 Maret untuk menandai penunjukan Pangeran Andrew sebagai Kolonel Garda Grenadier.

Pembedahan Berisiko

Pembedahan apa pun sejatinya memiliki risiko. Operasi yang dilakukan Pangeran Philip merupakan keputusan antara pasien dan ahli bedah, yang sudah menilai manfaat dan risiko dari prosedur tersebut.

Secara umum, kelemahan fisik seseorang akan meningkat seiring bertambahnya usia. Hal itu juga meningkatkan risiko besar operasi.

Sejauh ini tak diketahui pasti jenis operasi pinggul yang akan dilakukan Pangeran Philip.

Menurut informasi, sebagian besar operasi penggantian pinggul di Inggris dilakukan pada pasien yang berusia antara 60 dan 80 tahun. Namun demikian, operasi tetap bisa dilakukan pada usia setelahnya, seperti yang dilakukan Pangeran Philip.

Sebelumnya pada tahun 1995, The Queen Mother Elizabeth Bowes-Lyon sukses melakukan penggantian pinggul pada usia 95 tahun.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mundur dari Tugas

Duke of Edinburg, Pangeran Phiilp mengumumkan pengunduran dirinya pada Mei 2017, setelah beberapa dekade mendukung Ratu.

Sebulan kemudian ia dirawat di Rumah Sakit King Edward VII sebagai tindakan pencegahan akibat infeksi yang timbul sebelumnya.

Penampilan terakhirnya adalah pada 2 Agustus tahun 2017 lalu, ketika dia meninjau parade Marinir Kerajaan di luar Istana Buckingham dalam kapasitasnya sebagai Kapten Jenderal korps.

Pangerang Philip kemudian muncul beberapa kali di acara bersama Ratu dan terlihat dengan anggota keluarga kerajaan lainnya di perayaan Hari Natal di Sandringham.

Rumah Sakit King Edward VII tempat Pengeran Philip dirawat saat ini didirikan pada 1899, telah merawat bangsawan senior lainnya termasuk Ratu Elizabeth, Pangeran Wales dan Duke of Cambridge.

Pangeran Philip mengalami sumbatan pada arteri koroner pada tahun 2011 dan infeksi kandung kemih pada 2012. Juni 2013 ia dirawat 11 malam di Klinik London dan menjalani operasi perut.

Pada Mei 2014, ia menjalani operasi kecil di tangan kanannya, dengan perawatan yang dilakukan di dalam Istana Buckingham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.