Sukses

Tak Hanya Lucinta Luna, Ini 5 Transgender Kontroversial di Luar Negeri

Liputan6.com, New York - Publik di Tanah Air tengah diramaikan dengan pemberitaan seorang penyanyi dangdut Lucinta Luna. Ia jadi sorotan setelah beredar isu operasi transgender yang ia lakukan.

Lucinta Luna terus bersikeras menyatakan bahwa dirinya bukan transgender.

Meski bukti dan kesaksian para sahabat telah mencuat ke media sosial, Lucinta Luna tetap merasa dirinya merupakan wanita tulen.

Sikap ini lantas membuat banyak pihak kesal, termasuk Melly Bradley, seorang transgender yang pernah menjadi teman satu kos Lucinta Luna.

Apalagi saat ia mengumumkan sayembara Rp 1 miliar apabila ada pihak yang dapat membuktikan bahwa ia seorang transgender. Belum lama, video yang diyakini sebagai Lucinta Luna menyeruak.

Terlihat sosok menyerupai dirinya mengeluh pasca melakukan operasi. Sebenarnya, bukan hanya Lucinta Luna yang buat heboh soal status transgender.

Tak hanya Lucinta Luna, ada sederet artis dunia yang mulanya terlahir sebagai laki-laki lalu operasi kelamin menjadi perempuan. Seperti dikutip dari laman Twentytwowords.com, Sabtu (24/3/2018), berikut 5 selebritas dunia yang melakukan operasi transgender:

2 dari 6 halaman

1. Caitlyn Jenner

Sosok Bruce Jenner sukses menjadi perhatian masyarakat dunia pada 2015 silam. Kala itu, mantan atlet ini memutuskan untuk menjadi transgender dan mengubah namanya menjadi Caitlyn Jenner.

Keputusannya menjadi transgender pun bukan untuk uang atau popularitas semata, melainkan untuk menolong jiwanya.

Caitlyn Jenner mengaku masih terngiang-ngiang proses perubahan dirinya sebagai wanita. Masa paling berat bagi Caitlyn Jenner pasca-operasi hingga prosedur kecantikan yang dilakukannya.

Menurut Caitlyn Jenner, ungkapan beauty is pain (kecantikan memang harus mengalami sakit) memang benar adanya. Setelah prosedur itu berlangsung, Caitlyn Jenner merasa ia tengah berada di neraka karena sakit.

Caitlyn Jenner terus berkeluh-kesah kepada dokter kecantikan yang merawatnya karena rasa sakit yang dialaminya itu. Tapi, dokternya selalu menenangkan dan meminta Caitlyn Jenner untuk bersabar.

Bahkan, Caitlyn Jenner sampai harus mengonsumsi obat pereda rasa sakit hingga mati rasa. Semua itu dilakukannya karena rasa sakit tak terhankan di wajah dan tubuhnya hingga ia terbiasa dengan semuanya itu.

3 dari 6 halaman

2. Laverne Cox

Laverne Cox adalah seorang artis berkebangsaan Amerika Serikat yang terkenal setelah membintangi reality show. Ia lahir sebagai laki-laki dan memilih menjadi seorang transgender.

Tak hanya dikenal sebagai artis ia juga seorang produser televisi dan pengacara untuk kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender).

Cox lahir di Alabama sebagai Roderick Leverne Cox. Ia sempat mencatat sejarah pada tahun 2014 ketika menjadi seorang transgender pertama yang dinominasikan untuk penghargaan Emmy Award.

Namun siapa sangka, ia juga memiliki saudara kembar bernama M Lamar yang berprofesi sebagai musisi.

Cox juga pernah mengaku ingin bunuh diri ketika menyadari ia telah menyukai teman laki-lakinya. Saat itu ia diintimidasi selama beberapa tahun karena tak berprilaku layaknya seperti seorang anak laki-laki.

4 dari 6 halaman

3. Alexis Arquette

Alexis Arquette memutuskan untuk melakukan transisi gender dari laki-laki ke wanita selama rentang dua tahun dengan menggunakan terapi hormon.

Lantas, pada 2006, ia memberanikan diri untuk melakukan operasi pergantian kelamin.

Hingga akhir hidupnya, Arquette mengaku sangat bahagia dengan keputusannya menjadi transgender wanita.

Bahkan, pemilik nama lahir Robert Arquette ini tercatat cukup aktif membintangi sejumlah judul film layar lebar.

5 dari 6 halaman

4. Carmen Carrera

Carmen Carrera dikenal sebagai model, penari burlesque, dan peserta reality show drag queen, RuPaul’s Drag Race. Sebelumnya, ia mengaku sebagai seorang homoseksual.

Namun setelah menyelesaikan syuting RuPaul’s Drag Race, ia memulai transformasinya sebagai seorang transgender.

6 dari 6 halaman

5. Jenna Talackova

Jenna Talackova memulai transformasinya di usia yang masih sangat muda, yakni 14 tahun. Lima tahun kemudian, ia menggenapi perubahan ini lewat operasi kelamin di usia 19 tahun.

Ia menjadi populer setelah didiskualifikasi dalam ajang Miss Universe Canada pada 2012 karena ketahuan berstatus sebagai transgender.

Ia kemudian menempuh jalur hukum untuk tetap bisa berkompetisi dalam ajang ini, yang akhirnya ia menangkan.

Jenna Talackova lantas membintangi sejumlah acara televisi, salah satunya Brave New Girls.