Sukses

Bus Rombongan Band Anak Sekolah Jatuh ke Jurang, Sopir Tewas

Liputan6.com, Alabama - Sebuah bus yang membawa rombongan band sekolah di wilayah Houston jatuh ke jurang sedalam 15 meter di Baldwin County, Alabama. Polisi mengatakan bahwa insiden yang terjadi Selasa 13 Maret 2018 waktu setempat membunuh sopir dalam kendaraan tersebut.

Usaha penyelamatan mengakibatkan penutupan Interstate 10 di kedua arah di dekat garis negara bagian Florida.

"Para siswa baru saja tampil di Walt Disney World di Orlando dan dalam perjalanan pulang ke Texas dengan dua bus, saat salah satu dari mereka jatuh," kata Inspektur Channelview Independent School District, Greg Ollis seperti dikutip dari CNN, Rabu (14/3/2018).

Menurut Departemen Perhubungan Alabama, jalur West I-10 dibuka kembali pada siang hari, namun jalur timur tetap ditutup pascakecelakaan.

"Bus tersebut menabrak jembatan di pinggir jalan sebelum menghujam jurang, dan perlu dipastikan bahwa jembatan tersebut aman sebelum dibuka kembali," kata Alabama State Trooper, John Malone.

"Bus berhenti di satu sisi di jurang, sehingga tim pemadam kebakaran harus menggunakan tali atau rappelling untuk mengevakuasi individu saat operasi penyelamatan. Beberapa korban diselamatkan oleh deputi atau penegak hukum lainnya," ujar Sherif Baldwin County, Huey Hoss Mack seraya menjelaskan bahwa kedalaman jurang cukup menyulitkan upaya penyelamatan.

Perusahaan First Class Tours yang mengoperasikan bus, mengidentifikasi supirnya sebagai pegawai lama perusahaan tersebut yang bernama Harry Caligone.

"Kami sangat sedih atas kehilangan ini. Kami mengucapkan belasungkawa sepenuh hati kepada keluarganya," kata perusahaan bus tersebut.

Sherif Mack mengatakan korban luka dibawa ke 10 rumah sakit di Baldwin County, Alabama, Daphne dan Fairhope, serta Pensacola, Florida. Ada 40 siswa dan enam orang dewasa di dalam bus.

Sacred Heart Hospital di Pensacola menerima 19 orang, empat di antaranya dalam kondisi serius. Lalu tujuh pasien sudah dirawat dan dipulangkan.

"Enam atau tujuh helikopter Medevac mengangkut pasien ke rumah sakit," tutur sherif tersebut.

Sejauh ini satu pasien dalam kondisi kritis dan lima lainnya dalam keadaan serius. Sisanya yang terluka, termasuk seorang wakil Baldwin County -- yang terluka dalam proses evakuasi.

"Saya tidak ingin mengatakan bahwa tidak ada yang terluka parah, tapi kami pasti diberkati," kata inspektur sekolah tersebut seraya menambahkan bahwa semua siswa dan staf akan baik-baik saja.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

1 dari 2 halaman

Bus Ringsek

Sebuah video kecelakaan menunjukkan bus di sisi saluran air berumput saat tim penyelamat dengan senter menjelajahi daerah tersebut. Petugas pemadam kebakaran melihat ke bawah dari sebuah jembatan dan puluhan kendaraan darurat berjejer di jalan menuju jembatan.

As roda depan bus tampak terpisah dari kendaraan dan setidaknya dua pintu ke kompartemen bagasi ringsek. Atap bus juga tampak rusak.

"Bus sedang bepergian ke barat saat melaju ke median di Interstate 10 dan kemudian memasuki jurang di Cowpen Creek, sekitar pukul 05.30 pagi (6:30 a.m. ET)," kata Mack.

"Ada sungai mengalir melalui jurang... tapi bus itu tidak mendarat di air," kata Sherif Mayor Baldwin County Anthony Lowery.

Korban terakhir dievakuasi dari kecelakaan sesaat sebelum pukul 09.00 pagi waktu setempat.

"Hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mendapatkan selimut di sini," katanya. "Tentu saja, mereka kedinginan, sudah 40 derajat pagi ini."

First Class Tours mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaan tersebut bekerja kini tengah bekerjasama dengan penyelidik.

"Doa kami bersama keluarga yang terluka dan keluarganya saat ini," kata mereka melalui pernyataan tersebut.

Artikel Selanjutnya
Kecelakaan Bus Bertingkat di Hong Kong, 18 Orang Tewas dan 50 Luka Serius
Artikel Selanjutnya
Angkut Korban Kecelakaan Maut Tanjakan Emen, Tangsel Kirim 20 Ambulans ke Subang