Sukses

Pria Ini Berjasa Mengurus Jasad Sridevi dan Ribuan Warga Asing di Dubai

Liputan6.com, Dubai - Di balik meninggalnya megabintang Bollywood Sridevii Kapoor secara tiba-tiba di Dubai, terdapat seorang pria yang tulus mengurusi kepulangan jasadnya ke India.

Ashraf Thamarraserry, nama pria tersebut, merupakan seorang imigran asal negara bagian Kerala di India, yang berjasa mengurusi banyak warga negara asing yang meninggal di Dubai.

Mulai dari buruh migran hingga sosok elite, tidak ada satupun pengurusan jasad yang dibedakan oleh Thamarraserry.

Selama 22 tahun terakhir menetap di Uni Emirat Arab, ia mengaku telah mengurusi lebih dari 4.700 jasad dari 38 negara, termasuk Sridevi, dan semua itu dilakukan tanpa pamrih. Demikian dilansir dari South China Morning Post pada Kamis (1/3/2018).

"Saya benar-benar berniat membantu, karena saya tahu bagaimana rasanya hidup di negara gurun yang sangat jauh dari keluarga," ujar Thamarraserry.

"Bagi mereka, Anda, ataupun saya, semua mendapat perlakuan yang sama. Jika seseorang meninggal di kamarnya, tanpa kontak identitas yang cukup, maka saya akan berusaha semaksimal mungkin membantu mengurus," lanjut pria yang memiliki sebuah toko onderdil di pinggiran Dubai itu.

Ketika ditanya tentang meninggalnya Sridevi, Thamarraserry mengangkat bahu, memilih tidak berkomentar. Ia menjelaskan bahwa di hari meninggalnya Sridevi, ia juga turut membantu pengurusan lima jenazah lain di beberapa tempat berbeda di Kota Dubai dan Sharjah.

Sementara otoritas berwenang mengurus berbagai dokumen imigrasi milik Sridevi, Thamarassery berusaha mendesak pihak kepolisian Dubai segera memberi izin pemulangan jenazah atas alasan kemanusiaan.

"Bisa jadi karena ia (Sridevi) adalah bintang besar, maka proses pengurusan jenazahnya menjadi kompleks, dan hal itu belum lagi ditambah dengan rentetan pertanyaan dari media dan beberapa pihak tertentu …. Sangat panjang (prosesnya)," jelas Thamarassery prihatin.

 

 Simak video menarik tentang alasan Sridevi menjadi idola Bollywood sepanjang masa berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Menolong Tanpa Pamrih

Setelah izin pengurusan jenazah diterbitkan, Thamarassery segera membawa jasad Sridevi ke sebuah gedung layanan catatan kematian di barat daya Dubai, yang menjadi salah satu konsentrasi hunian terbesar pekerja migran dari Asia Selatan.

Sementara petugas membalsem jasad Sri Devi, Thamarassery mengurus dokumen-dokumen milik megabintang itu, dan juga tiga jenazah lainnya yang berasal dari India dan Sri Lanka.

Beberapa saat setelahnya, ambulans pun datang menjemput jenazah Sridevi, dan membawanya ke bandara publik terdekat.

Di sana, sebuah pesawat jet milik miliarder India, Amil Ambani, telah siap membawa jasad jenazah Sri Devi pulang ke Mumbai untuk dikremasi.

Pada Selasa malam, 27 Februari 2018, Thamarassery kembali ke unit apartemennya di distrik Ajman, sebuah kawasan hunian padat penduduk yang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Dubai. Di sana, ia tinggal bersama istri dan seorang anak gadis.

Untuk menyambung hidup, Thamarassery membuka sebuah toko onderdil sekaligus bengkel, tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Meski berpenghasilan tidak seberapa besar, namun tidak menyurutkan niatan Thamarassery untuk saling berbagi tanpa pamrih dengan banyak orang.

Atas aksi kemanusiaannya pada banyak jenazah pekerja migran di Dubai, Thamarassery penghargaan dari berbagai pihak, termasuk dari Perdana Menteri Narendra Modi pada 2017 lalu.

3 dari 3 halaman

Kepergian Sri Devi Meninggalkan Duka Mendalam

Kabar meninggalnya sang legenda Bollywood Sridevi sungguh mengejutkan banyak pihak. Tak hanya kerabat, publik juga dibuat tak percaya atas kepergian sosok Sridevi selamanya.

Penyebab kematiannya kemudian menjadi tanda tanya besar. Awalnya banyak kabar mengatakan bahwa Sridevi meninggal disebabkan oleh serangan jantung. Namun ternyata, kabar ini tidaklah benar.

Dilansir dari Gulf.com, hasil autopsi mengenai kematian Sridevi menyebutkan bahwa sang aktris tak sengaja tenggelam. Polisi menduga sang aktris tidak sengaja menenggelamkan dirinya di bathub kamar hotelnya dan kemudian meninggal dunia.

Selain merilis penyebab kematian Sridevi, pihak badan forensik rumah sakit juga menyebutkan bahwa ada bau alkohol di tubuh bintang lebih dari 250 judul film itu ketika dibawa ke rumah sakit. Diduga, alkohol ini yang membuat Sridevi tak sadar, lalu tenggelam di dalam bathub kamar mandi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS