Sukses

6 Kata dalam Bahasa Indonesia Ini Dianggap Aneh oleh Orang Rusia

Liputan6.com, Jakarta - Saat mempelajari bahasa asing, kerap kali kita menemukan kata-kata yang terdengar aneh atau lucu karena bisa jadi, maknanya berbeda jauh dalam bahasa asli kita. 

Padahal, bagi si pengguna asli bahasa itu, kata-kata tersebut hanyalah istilah umum dan lazim digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Sebuah media Rusia mengumpulkan daftar kata Indonesia yang hampir pasti membuat orang Rusia terkejut atau tertawa saat pertama kali mendengarnya.

Dari berbagai contoh, berikut 6 istilah biasa dalam Bahasa Indonesia yang bermakna lucu atau bahkan, bermakna umpatan dalam Bahasa Rusia, seperti Liputan6.com kutip dari RBTH Indonesia (22/2/2018).

1 dari 7 halaman

1. Suka

Menurut KBBI, suka berarti berkeadaan senang. Namun, kata ini hampir pasti membuat seluruh orang Rusia yang mempelajari bahasa Indonesia tertawa. Dalam bahasa Rusia, "сука" (dibaca 'suka') berarti anjing betina.

Namun, kata ini kemudian menjadi kata umpatan yang berarti perempuan jalang atau pelacur. Sekarang, Anda tentu bisa membayangkan reaksi orang Rusia saat menemukan tepung atau bumbu masakan bermerek "Mama Suka".

2 dari 7 halaman

2. Ya, Ibu

Tentu saja, ini bentuk respons yang sangat sopan dalam bahasa Indonesia. Namun, bagi orang Rusia yang mempelajari bahasa Indonesia, ungkapan ini bisa terdengar aneh.

Dalam bahasa Rusia, "я ебу" (dibaca 'ya ibu') adalah ungkapan kasar yang berarti "saya tidak tahu". Sementara, padanan kata kerja ебать (dibaca 'ibat') dalam bahasa Inggris adalah to fuck.

3 dari 7 halaman

3. Kaki dan Kakak

Dalam bahasa Rusia, baik "каки" (dibaca 'kaki') maupun "ка-ка" (dibaca 'kaka') sama-sama berarti tahi atau kotoran. Jadi, saat pertama kali mendengar kata "kaki" dan "kakak" dalam bahasa Indonesia, kedua kata ini tentu cukup menggelikan bagi orang Rusia.

4 dari 7 halaman

4. Nah

Ini merupakan kata seru untuk menyudahi (menukas, menyimpulkan, dan sebagainya) perkataan atau jalan pikiran. Kata ini hampir selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari di Indonesia.

Namun bagi orang Rusia, kata ini terdengar lucu karena "нах" (dibaca 'nakh') adalah kata slang Rusia yang berarti fuck off dalam bahasa Inggris.

5 dari 7 halaman

5. Suci

Selain berarti bersih atau murni, kata "suci" juga banyak dipakai sebagai nama perempuan di Indonesia. Namun, jika Anda bernama Suci dan hendak memperkenalkan diri kepada orang Rusia, bersiap-siaplah untuk melihat ekspresi terkejut pada wajah mereka.

Kenapa?

Karena "сучий" (dibaca 'suchiy') dalam bahasa Rusia adalah bentuk kepunyaan untuk perempuan jalang atau pelacur.

Misalnya, frasa сучий потрох (suchiy potrokh) bisa dipadankan dengan ungkapan son of a bitch dalam bahasa Inggris, yaitu orang yang menjengkelkan dan kurang ajar.

6 dari 7 halaman

6. Sri

Sri adalah dewi pertanian, dewi padi dan sawah, serta dewi kesuburan dalam kepercayaan kuno masyarakat Jawa. Nama Sri pun masih cukup populer dipakai untuk menamai anak-anak perempuan, khususnya di Pulau Jawa.

Namun, sama seperti kasus di atas, jika Anda bernama Sri, jangan heran saat melihat reaksi orang Rusia yang berkenalan dengan Anda. Kata "сри" (dibaca 'sri') dalam bahasa Rusia adalah bentuk imperatif dari kata kerja срать (dibaca 'srat') yang berarti "buanglah air besar".

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Indonesia Optimistis Jelang Pemilihan Anggota DK PBB, tapi...
Artikel Selanjutnya
Dikira Meninggal 7 Tahun Lalu, Anak Ini Kembali Bawa Tagihan dari Panti Asuhan