Sukses

Monumen Peringatan Penyanderaan di Kafe Sydney Diresmikan

Liputan6.com, Sydney - Bunga favorit dari korban tewas di Lindt Café, Tori Johnson dan Katrina Dawson, telah diabadikan dalam sebuah monumen peringatan yang telah lama dinanti peresmiannya. Monumen itu didirikan pada peringatan ketiga tahun insiden Teror Sydney yang mematikan tersebut.

Lonceng gereja dibunyikan di Martin Place, saat Menteri Utama New South Wales (NSW) Gladys Berejiklian secara resmi membuka monumen peringatan tersebut, yang berjarak dua blok dari Lindt Cafe.

Pada 2014, Man Haron Monis menahan 17 orang sandera selama lebih dari 16 jam di Lindt Cafe yang berlokasi di pusat kawasan bisnis Sydney. Ini adalah teror Sydney yang paling mematikan di Australia. 

Pada hari-hari setelah penyanderaan tersebut, tampilan kawasan itu berubah karena hadirnya lebih dari 100.000 tandan bunga yang mengilhami monumen peringatan ini. Sekitar 210 bunga hasil kerajinan tangan ditata ke dalam tanah dan ditutupi kaca.

Gladys Berejiklian mengatakan bahwa monumen peringatan tersebut akan menjadi tempat bagi orang-orang untuk merenung dan mengingat Johnson dan Dawson sebagai korban teror Sydney.

"Kita berkumpul untuk memberikan peringatan permanen kepada para korban penyanderaan di Martin Place," kata Berejiklian, seperti dikutip dari Australia Plus pada Senin (18/12/2017).

"Untuk memastikan agar warga Australia hari ini dan generasi mendatang akan selalu mengerti dan merenungkan apa yang terjadi di sini," lanjutnya.

"Kepada keluarga Katrina Dawson dan keluarga Tory Johnson, sekali lagi kami sampaikan betapa dalam dan sangat berdukanya kami. Pada siang hari, bunga-bunga ini akan memantulkan sinar matahari, pada malam hari mereka akan diterangi dari bagian atas Martin Place yang berkilau," ujarnya lagi.

Peringatan tersebut dirancang dengan bantuan keluarga korban.

Monumen ini menampilkan bunga aqua hydrangea yang merupakan bunga favorit Katrina Dawson, dan bunga matahari kuning yang merupakan bunga favorit Tory Johnson. Keduanya adalah korban tewas dalam teror Sydney pada Desember 2014 lalu. 

 

2 dari 2 halaman

Cara yang Indah Mengingat Korban

Wali kota Sydney, Clover Moore mengatakan bahwa monumen peringatan itu adalah cara yang indah untuk mengingat para korban.

"Orang-orang terkejut dan mereka merasa turut berduka untuk keluarga Katrina dan Tori. Mereka ingin menunjukkan rasa hormat mereka dengan meninggalkan bunga dan sekarang rasa hormat itu tecermin dalam bunga buatan tangan yang indah yang ada di trotoar, saya sangat bangga dengan itu," katanya.

"Ini akan menjadi penghormatan sungguh-sungguh kepada dua orang Australia yang baik itu, yang seharusnya tidak kehilangan nyawa mereka."

Berejiklian mengatakan, Katrina Dawson dan Tori Johnson akan dikenang dengan dekorasi keberanian pada masa yang akan datang.

Salah seorang warga bernama Adrian Liceralde mengatakan bahwa peringatan itu sangat pas.

"Saya pikir ini adalah penghargaan yang menakjubkan bagi orang-orang yang meninggal, mudah-mudahan itu adalah sesuatu yang benar-benar dihargai oleh para keluarga korban," katanya.

"Sebagai anggota masyarakat umum, adalah hal yang bagus untuk menunjukkan dan mewakili cinta terhadap (orang-orang) yang telah meninggal dan anggota keluarga mereka."

Sementara warga Sydney lainnya, Michelle Haywood, mengatakan monumen peringatan tersebut merupakan pengingat betapa berharganya kehidupan.

"Itu membuat Anda ingin menghargai hidup setiap saat, terutama bila Anda tahu apa itu apa makna dari monumen tersebut," katanya.

"Itu benar-benar menggambarkan keindahan dari orang-orang dan keberanian."