Sukses

Kerja Sama Kapal Selam, Presiden Korsel Segera Datang ke RI

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in dijadwalkan berkunjung ke Indonesia. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan kunjungan Moon Jae-in dalam rangka membahas kerja sama kapal selam RI-Korsel dengan Presiden Jokowi.

"Presiden Korea mau datang. (Bahas) masalah kapal selam (dengan Presiden Jokowi)," kata Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 26 Oktober 2017.

Indonesia dan Korea Selatan memang memiliki kerja sama pengembangan kapal selam bernama Nagapasa-403.

Untuk diketahui, Indonesia pada Agustus 2017, telah memesan tiga unit kapal selam ke Korsel dengan kesepakatan kerja sama transfer teknologi.

Kapal selam pertama dan kedua dibangun di perusahaan pembuatan kapal Korsel, DSME, sedangkan kapal selam ketiga dibangun di galangan kapal dalam negeri PT PAL Indonesia, Surabaya bekerjasama dengan DSME Korsel.

"Sudah kita proses kemarin tapi lambat karena kapalnya besar tapi baterainya kecil. Itu yang pertama, tapi saya sudah langsung ke pabrik, saya sama KSAL jadi sudah tidak ada masalah lagi, tapi yang kedua ketiga terus," jelas Ryamizard.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Presiden Korsel Moon Jae-in akan berkunjung ke Indonesia pada 9 November 2017. Kedatangan Moon Jae-in sebelum Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Vietnam. (Lisza Egeham)

Loading