Sukses

Fenomena Aneh Badai Irma Sedot Pantai di Florida

Liputan6.com, Tampa Bay - Selain mematikan dan mengerikan, Badai Irma ternyata juga membawa fenomena aneh.

Berapa waktu lalu, publik di Bahama dikejutkan dengan air laut yang menghilang pasca-Badai Irma menerjang. Tak ada air berwarna biru seperti yang biasa dilihat para turis di sana, melainkan daratan tandus kecokelatan sejauh mata memandang.

Fenomena aneh yang sama rupanya terjadi juga di Pantai St Pete, Tampa Bay, Florida.

Dikutip dari Independent pada Senin (11/9/2017), fenomena aneh terjadi karena kencangnya angin badai dan tekanan rendah di daratan. Akibatnya, air tersedot hingga ke pusat badai.

Selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari, mungkin saja badai bisa mengubah bentuk lautan.

Menurut Washington Post, tekanan Badai Irma begitu kuat, sehingga menarik air ke intinya, menghisapnya dari laut.

Wakil editor cuaca dan ahli meteorologi, Angela Fritz, menjelaskan bahwa fenomena langka itu terjadi akibat hurricane bulge. Fenomena seperti Badai Irma berpotensi menyebabkan hurricane bulge dan mengakibatkan tersedotnya air laut.

Fritz juga mencatat bahwa angin yang bertiup dari garis pantai pada Sabtu, 9 September, menyebabkan air laut belum kembali seperti semula.

Beberapa pengguna Twitter khawatir dengan fenomena air laut surut yang memperlihatkan garis pantai hingga dasar laut. Menurut mereka, itu merupakan pertanda tsunami mendekat. Namun, Fritz mengatakan airnya tidak akan kembali dengan cepat.

Sebuah video Twitter dari akun Jason Biesel, seorang Public Information Coordinator, Kota Clearwate, memperlihatkan garis pantai di Tampa Bay yang telah mengering tersedot Badai Irma. Berikut rekamannya: 

 

2 dari 2 halaman

Warga Bahama Kaget Pantainya Hilang

Saat Badai Irma menerjang Bahama, air laut yang terkenal biru dan indah di negara itu hilang.

Tak ada air berwarna biru seperti yang biasa dilihat para turis di sana, melainkan daratan tandus kecokelatan sejauh mata memandang.

Laut di Bahama surut pasca-Badai Irma menerjang. (Twitter/@deejayeasya)

Fenomena langka itu terekam dalam video amatir yang kemudian beredar di dunia maya, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu, 10 September 2017. Dalam tayangan tersebut, terlihat garis pantai di Bahama tersebut surut lebih jauh dari biasanya hingga memperlihatkan bagian dasar laut.

"Saya tak percaya ... Ini adalah Long Island, Bahama dan air lautnya hilang !!! Itu terjadi setelah #BadaiIrma," tulis pengguna Twitter @Kaydi_K dari Long Island, Bahama pada unggahan status Jumat 8 September.

Video tersebut menunjukkan dia tengah berjalan di atas dasar laut terbuka yang kering.

Pengguna Twitter lainnya @deejayeasye, mengunggah foto pantai lain di Bahama yang sudah kembali normal dalam waktu kurang dari satu hari. Ia menyebutkan bahwa air laut di dalam fotonya terlihat sekitar 13 jam setelah mengering.