Sukses

PM Trudeau: Idul Adha Refleksikan Kontribusi Islam bagi Kanada

Liputan6.com, Ottawa - Pemimpin dunia beramai-ramai menyampaikan ucapan selamat Idul Adha bagi umat muslim. Salah satu pemimpin yang melakukannya adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Dia mengatakan, Idul Adha mengajarkan banyak hal, termasuk soal pengorbanan diri.

"Ini adalah waktu untuk merefleksikan pelajaran beramal serta berkorban dan menghargai berkat dalam hidup kita," sebut Trudeau seperti dikutip dari resmi kantor PM Kanada, Sabtu (2/9/2017).

Trudeau juga menyebut, perayaan itu adalah waktu yang tepat untuk para keluarga muslim saling kunjung demi memperkuat tali silaturahmi.

"Untuk merayakan waktu spesial ini, umat muslim akan berkumpul dengan keluarga untuk menghadiri salat Id, berbagi makanan, dan bertukar salam serta hadiah, serta beramal bagi orang yang membutuhkan," sebut dia.

Bagi Kanada, warga Muslim merupakan bagian paling penting dan tak terpisahkan. Trudeau juga menyatakan, umat Islam telah memberi kontribusi besar bagi kehidupan bermasyarakat.

"Tahun ini, kita merayakan ulang tahun ke-150, Idul Adha adalah kesempatan untuk merefleksikan kontribusi besar komunitas muslim dalam membangun keragaman, kekuatan, dan negara inklusif yang bisa kita sebut sebagai rumah," jelas Trudeau.

"Atas nama keluarga saya, Sophie (istri Trudeau), menyampaikan yang terbaik bagi semua yang merayakan Idul Adha," sebut dia.

2 dari 2 halaman

Ucapan Idul Adha dari Putin

Selain Trudeau, ucapan serupa disampaikan pula oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Hari raya yang menandakan puncaknya ibadah Haji ke Mekah ini merupakan tradisi unik yang telah berjalan berabad-abad, dan membuat pemeluk Islam kuat keagamaannya dari generasi ke generasi. Ini adalah dasar kekuatan yang menyatukan komunitas Muslim Rusia," ujar Ptin, seperti dikutip dari RBTH Indonesia mengutip kantor berita TASS bersumber layanan pers Kremlin, Jumat 1 September 2017.

"Kesatuan umat Islam selalu menguatkan fondasi untuk dialog antarras dan agama, serta memecahkan masalah dalam pembangunan negara Rusia," ucap Putin.

"Selalu menyenangkan melihat potensi besar ini digunakan untuk memaksimalkan pendidikan dan budaya demi perdamaian dan harmoni masyarakat."

Idul Adha merupakan salah satu hari besar umat Islam yang dirayakan di seluruh dunia. Perayaan ini dimulai pada 10 Zulhijah. Tahun ini, Idul Adha jatuh pada 1 September.

Simak video berikut:

Loading