Sukses

Jepang Akhirnya Bebaskan Kapten Kapal Cina

Jepang membebaskan kapten kapal Cina yang ditangkap pada saat insiden di Kepulauan Senkaku.

Liputan6.com, Tokyo: Pengadilan Jepang telah memutuskan untuk membebaskan kapten kapal Cina yang ditangkap saat insiden di Kepulauan Senkaku awal bulan ini. Jaksa Penuntut Umum, Toru Suzuki, di kantor kejaksaan Okinawa, Jepang mengumumkan keputusan tersebut hari ini Jum'at (24/9) untuk membebaskan Zhan Qixiong (41 tahun).

Toru Suzuki mengatakan bahwa Zhan Qixiong akan dibebaskan setelah prosedur yang sesuai telah selesai dilakukan. Zhan Qixiong akan segera dipulangkan ke Cina secepat mungkin. Suzuki mengatakan, bahwa kerusakan relatif kecil untuk kapal-kapal Jepang. Keputusan Jepang untuk membebaskan Qixiong karena tampaknya tabrakan itu tidak disengaja.

Awalnya, Zhan ditangkap karena dicurigai sengaja menabrakan kapalnya ke salah satu kapal Jepang guna menghalangi inspeksi yang dilakukan oleh patroli Jepang. Penangkapan Zhan ini membuat hubungan Cina dan Jepang memanas ke titik yang paling rendah.(NHK/DES)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini