Sukses

Pelajar RI Raih Medali Emas Olimpiade Fisika di Rusia

Selain kedua siswa RI, lima pelajar Indonesia juga menerima sebutan kehormatan di ajang Olimpiade Fisika

Liputan6.com, Moskow - Dua pelajar Indonesia menorehkan prestasi membanggakan di Negeri Beruang Merah. Keduanya meraih medali emas dan perak dalam Olimpiade Fisika Se-Asia (APHO) ke-18 yang diadakan di Yakutsk, Rusia, pada 1 hingga 9 Mei.

Bersama keduanya, lima pelajar lainnya juga menerima sebutan kehormatan di ajang Olimpiade Fisika di Rusia itu.

Mengutip dari RBTH, Jumat (12/5/2017), peraih medali emas adalah Gerry Windiarto Mohamad Dunda dari SMA MH Thamrin Jakarta, sementara medali perak diraih oleh Ferris Prima Nugraha dari SMAK Penabur Gading Serpong.

Adapun penerima sebutan kehormatan adalah Faizal Husmi (SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan), Andrew Wijaya (SMA St. Angela Bandung), Johanes Suhardjo (SMAK Frateran Surabaya), Bonfilio Nainggolan (SMAN 8 Jakarta), dan Irfan Zaky Harlen (SMAN 8 Jakarta).

Sekretaris Jenderal APHO Hendra Kwee mengatakan generasi muda Indonesia memiliki potensi sains yang besar. Permasalahannya, mempelajari sains pada tahapan tertentu membutuhkan sarana dan prasarana pendidikan lengkap.

"Akibatnya, siswa-siswa yang menonjol adalah mereka dari kota-kota besar," kata Koordinator Tim Olimpiade Fisika Indonesia ini. Karena itu, katanya, butuh kerja sama pemerintah pusat, daerah, swasta, dan lembaga swadaya masyarakat dalam memastikan pemerataan pendidikan," jelas Hendra.

APHO diselenggarakan oleh Institut Fisika dan Teknologi Moskow, Rusia dan diikuti oleh 23 negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini