Sukses

Heboh Teka-teki Warna Sandal Jepit, Campuran Biru atau Gold?

Beberapa melihat sandal jepit itu berwarna emas dan putih. Sementara lainnya orang lain melihat hitam dan biru. Bagaimana dengan Anda?

Liputan6.com, London - Setelah sempat heboh dan viral di dunia maya, teka-teki warna seperti pada gaun dengan hashtag #TheDress kembali terjadi. Kali ini kasus serupa menimpa sepasang sandal flip flop atau sandal jepit.

Gambar yand diposting akun Twitter warga Portugis bernama Falsiane tersebut memiliki distorsi warna yang jelas, tapi beberapa melihat sandal jepit itu berwarna emas dan putih. Sementara lainnya orang lain melihat hitam dan biru.

Sensasi viral itu memicu diskusi tentang persepsi warna manusia, yang pernah digunakan oleh beberapa ahli saraf dalam penelitian karena mereka mempelajari fenomena tersebut. Bahkan dikutip dalam jurnal ilmiah.

Dilansir dari Daily Mail, Senin (21/11/2016), sejauh ini tak jelas apa warna sandal jepit tersebut. Tapi jajak pendapat di BuzzFeed menunjukkan 42 % responden melihat warnanya adalah paduan antara putih dan emas, 25 % lain mengakui biru dan emas dan 14 % lainnya meyakini itu hitam dan biru.

Bagaimana menurut Anda?

Teka-teki warna gaun yang menjadi viral pada Februari 2015 lalu berasal dari situs Tumblr. Ada yang meyakini warna gaun itu adalah biru dan hitam, ada juga yang menegaskan pakaian wanita itu berwarna putih dan emas.

Menurut hasil jajak pendapat yang diadakan BuzzFeed kala itu terhadap 1,5 juta pengguna internet, 72% responden mengaku melihat gaun itu berwarna putih-emas. Sementara, 28% responden meyakini melihatnya sebagai warna biru-hitam.

Lalu mana yang benar? Secara ilmiah, warna yang terlihat merupakan hasil persepsi otak ketika cahaya masuk ke retina dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Perbedaan pandangan itu dipengaruhi oleh adanya ketidaksamaan lensa mata pada setiap individu. Dan perbedaan lensa mata itu disebabkan oleh usia.

Berdasarkan teori yang dikemukakan Jay Neitz, peneliti visi warna di University of Washington, lensa mata seseorang berubah seiring dengan bertambahnya umur. Manusia menjadi kurang sensitif terhadap warna biru di usia tua. Ini bisa sedikit memberi penjelasan mengapa netizen yang lebih tua menganggap gaun tersebut berwarna putih dan emas.

Selain itu, menurut dia, warna yang dipengaruhi lampu atau cahaya juga bisa berubah. Seperti misalnya, mobil merah kelihatan seperti mobil putih karena orang yang melihatnya tersilaukan lampu rem yang berwarna merah. Dalam kasus ini terjadi kegagalan fokus warna.

"Saya meneliti perbedaan individu dalam penangkapan warna selama 30 tahun. Ini adalah salah satu perbedaan individu paling besar yang pernah saya alami," ujar Jay Neitz kepada Wired edisi 28 Februari 2015.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini