Sukses

KBRI Kiev: Pelancong Ukraina, Indonesia Bukan Hanya Bali

KBRI Kiev di Ukraina turut serta dalam Ukraine International Travel Market (UITM) 2016 untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Kiev - KBRI Kiev turut serta dalam pameran wisata internasional Ukraine International Travel Market (UITM) 2016 untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan di International Exhibition Centre pada 5-7 Oktober 2016 itu dikunjungi lebih dari 10.000 pengunjung dan diikuti 21 negara serta lebih dari 122 perusahaan yang bergerak di bidang industri pariwisata.

KBRI Kiev mengadakan kegiatan promosi pariwisata Indonesia tersebut dengan menggandeng salah satu biro perjalanan terbesar di Ukraina yang sering mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) negara tersebut ke Indonesia, yakni Travel Professional Group (TPG).

Hal itu bertujuan untuk membangun jaringan dengan pelaku usaha pariwisata dan meningkatkan kedatangan wisman asal Ukraina, serta menjual paket wisata Indonesia secara terintegrasi kepada calon wisman di negara akreditasi KBRI Kiev, yaitu Ukraina, Georgia, dan Armenia. Demikian menurut keterangan pers yang didapatkan Liputan6.com dari KBRI Kiev.

"Pelancong asal Ukraina sendiri merupakan yang terbesar kedua di Eropa Timur yang berkunjung ke Indonesia, setelah Rusia. Tahun 2012, jumlah wisman Ukraina yang berkunjung ke Indonesia mencapai 8.713 orang dan pada 2013 naik sebesar 4 persen menjadi 9.066 orang," tulis keterangan itu.

Namun karena krisis yang terjadi di Ukraina, jumlahnya wisman asal negara tersebut turun sebesar 11 persen, atau menjadi 8.405 orang di tahun 2014.

Meski tengah dilanda krisis, pelancong Ukraina merupakan pasar prospektif untuk digarap oleh pelaku usaha pariwisata nasional. Menurut Bank Dunia, rata-rata orang Ukraina yang melakukan perjalanan ke luar negeri pada periode 2011-2014 mencapai 21,8 juta orang dengan pengeluaran sebesar US$ 5,53 miliar.

Pengujung stand KBRI Kiev diperkirakan mencapai lebih dari 2.000 orang (KBRI Kiev)

Pada kesempatan dialog interaktif, Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) KUAI KBRI Kiev, Yusran Hadromi, mendorong para agen wisata di Ukraina untuk memperbanyak variasi paket wisata yang ditawarkan ke konsumennya.

"Indonesia bukan hanya Bali tetapi juga destinasi lain yang mempunyai berbagai macam keunggulan dan keunikan, seperti wisata petualangan, bahari, belanja, sejarah, kuliner ataupun spa," kata Yusran Hadromi.

Dalam pameran, TPG menyediakan paket wisata dan 100 majalah pariwisata yang di dalamnya terdapat artikel mengenai wisata Indonesia. Selain itu, pengunjung juga berkesempatan untuk berfoto unik atau mendapatkan suvenir dan bingkisan menarik yang telah disediakan oleh KBRI Kiev.

Promosi pariwisata selama tiga hari tersebut menyedot perhatian publik Ukraina. Pengujung stand KBRI yang diperkirakan mencapai lebih dari 2.000 orang datang untuk bertanya mengenai selak beluk Indonesia, menanyakan rekomendasi tempat wisata, dan mendengarkan tips wisata dari KBRI Kiev.

Dengan kegiatan itu, diharapkan promosi ekspor dan wisata Indonesia di Ukraina dapat berjalan seiringan karena negara tersebut adalah mitra dagang nomor dua terbesar Indonesia di wilayah Eropa Tengah dan Timur, setelah Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini