Sukses

Penguin Ini Punya Pangkat Brigadir Militer

Nils Olav sebelumnya juga pernah mendapat gelar kehormatan yang diakui oleh Raja Norwegia pada 2008.

Liputan6.com, Edinburgh - Jika pada umumnya seekor penguin lebih menikmati bersantai di antara tumpukan ikan di kutub atau daerah bersuhu dingin lainnya, burung satu ini memiliki 'pekerjaan' yang lebih penting.

Penguin bernama Nils Olav -- seekor penghuni asal Norwegia di kebun binatang di Edinburgh, Skotlandia -- terekam kamera sedang menginspeksi para pengawal Raja Norwegia.

Nils Olav merupakan seekor penguin yang dianugerahi penghargaan militer senior sebagai 'Brigadir Sir Nils Olav', dalam sebuah upacara yang dihadiri 50 prajurit Norwegia.

Selama pemberian gelar kehormatan berlangsung, Nils Olav diarak di 'panggung' Zoo's Penguin Walk, seperti dikutip dari CNN, Rabu (24/8/2016).

Rekaman video proses upacara tersebut pun beredar di dunia maya dan disukai banyak netizen. Terlihat dalam video tersebut beberapa orang prajurit membentuk barisan rapi di sisi Penguin Walk. 

Setelah persiapan upacara selesai, Nils Olav terlihat berjalan memasuki jalur khusus yang disiapkan untuknya, didampingi oleh tiga orang petugas kebun binatang, dan diiringi beberapa prajurit pembawa bendera dari belakang. 

Hewan jenis penguin raja (King Penguin) itu terlihat berjalan melenggok sambil meneliti prajurit manusia yang berbaris, dari ujung kaki hingga kepala.

Burung yang senang berselancar di es itu sesekali berhenti, sebelum mengakhiri pengamatannya dengan mengepakkan sayapnya. Setelah itu, Olav kembali berjalan sambil sesekali mengeluarkan suara khas penguin.

Saat mencapai barisan prajurit bersenjata dan bertopi khas paling akhir, Nils Olav telah dinanti oleh Brigadir David Allfrey, pimpinan sekaligus produser ajang parade The Royal Edinburgh Military Tattoo, dan beberapa orang penting lainnya.

Tak lama kemudian, seorang kepala prajurit terlihat menyerahkan medali kepada salah seorang penjaga kebun binatang.

Perempuan yang mengenakan seragam coklat tersebut lalu menyerahkan medali tersebut kepada rekannya, yang memasangkan penghargaan itu di 'lengan' Olav.

Penghargaan tersebut bukan yang pertama kalinya diterima oleh penguin raja itu. Sebelumnya pada 2005, Neils Olav diangkat menjadi Colonel-in-Chief (kolonel pimpinan) untuk Pasukan Pengawal Raja Norwegia.

Tidak hanya itu, burung tersebut juga mendapatkan gelar ksatria yang disahkan oleh Raja Norwegia, Harald V pada 2008.

Kini, tercatat sejak Senin, 15 Agustus 2016, Olav resmi menjadi 'Brigadir Sir Nils Olav'.

"Sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat mendampingi Pasukan Pengawal Raja Norwegia, saat mereka menganugerahkan gelar baru kepada penguin raja kami, Sir Nils Olav," kata Barbara Smith selaku Pimpinan Eksekutif Royal Zoological Society Skotlandia.

"Merupakan momen yang sangat membanggakan. Hal ini juga mewakili kerjasama baik yang terjalin antara Skotlandia dan Norwegia," sambung Smith.

"Ini merupakan contoh jalinan hubungan baik yang fantastis antara kedua negara, dan juga merupakan suatu tradisi yang sangat mengesankan. Selamat, Brigadir Olav!" ucap Brigadier David Allfrey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.