Sukses

Skydiver Ini Terjun dari Ketinggian 7.620 Meter Tanpa Parasut

Luki Aikins orang pertama yang terjun dari ketinggian 25.000 kaki tanpa parasut. Mendarat di jaring dengan selamat.

Liputan6.com, California - Seorang penerjun bebas, skydiver, membuat sejarah dengan menjadi orang pertama yang melompat dari ketinggian 25.000 kaki atau 7.620 meter tanpa parasut.

Luke Aikins, pria 42 tahun adalah veteran penerjun dengan 18.000 kali terjun bebas, berhasil lompat dan mendarat tanpa 'insiden' apapun di tengah-tengah jaring seluas 30 meter persegi, dengan ketinggian 30 meter dari permukaan tanah.

Setelah mendarat, Aikin sempat terdiam beberapa saat untuk menarik nafas lega. Lalu setelah membersihkan debu yang menempel di baju, ia keluar dari jaring dan memeluk sang istri, Monica. Demikian seperti dilansir dari Telegraph, Minggu (31/7/2016).

Aksi gilanya itu disiarkan oleh Fox. Disaksikan oleh anggota keluarga dan para pendukung yang berdiri memberi dukungan di padang pasir California.

Setelah 18 bulan penuh persiapan, Screen Actor Guild, serikat buruh Amerika, (salah satu pendukung untuk memberikan hak siar kepada Aikin) nyaris menolak rencana gilanya setelah memaksa ia tetap membawa parasut untuk rencana darurat.

Namun, setelah negosiasi, itu pun masih di atas pesawat menjelang ketinggian maksimum untuk loncat, SAG akhirnya memberikan izin lompat.

Skydiver, Luke Aikins bersiap mendarat di sebuah jaring raksasa setelah terjun bebas dari pesawat di atas ketinggian 25.000 kaki tanpa menggunakan parasut dan wingsuit, di Simi Valley, California, Sabtu (30/7). (Mark Davis/Getty Images for Stride Gum/AFP)

Aikins mengatakan, parasut justru membuat lompatan lebih berbahaya karena ia butuh mengatur posisi menjelang mendekati jaring.

Ide gila itu semula ditolak mentah-mentah oleh teman dan psikolog, dua tahun lalu. Dan Aikins pun mengikuti sarannya.

Namun, pikirannya berubah. Aikins melakukan serangkaian olahraga fisik agar tubuhnya lebih kuat.

Lompatan itu sebenarnya nyaris tak terjadi. Namun, ia akhirnya terjun di atas ketinggian 25 ribu kaki dan membuang masker oksigen di ketinggian 18.000 kaki.

 

Penonton bersorak untuk Luke Aikins (baju hijau) setelah menyelesaikan aksinya terjun bebas dari pesawat di atas ketinggian 25.000 kaki tanpa parasut dan wingsuit, di Simi Valley, California, Sabtu (30/7). (Mark Davis/Getty Images for Stride Gum/AFP)

Aikins menggunakan lampu di jaring untuk memposisikan diri. Ia terjun ke arah jaring dengan kecepatan 150 mil per jam. Ia mendarat dengan punggung terlebih dulu dan beberapa saat sempat beberapa kali mental untuk kemudian berhenti sempurna.

"Aku nyaris melayang. Ini merupakan pengalaman luar biasa. Ini jelas keren!" kata Aikins sesaat setelah mendarat.

Berikut detik menegangkan bagaimana Aikins terjun dari ketinggian dan berhasil mendarat di jaring. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.