Sukses

Obama Ajukan Joseph Donovan Jadi Dubes Baru AS untuk RI

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, resmi mengakhiri masa jabatan pada 18 Juli 2016. Posisinya masih kosong.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, resmi mengakhiri masa jabatan pada 18 Juli 2016. Selesainya masa tugas Blake membuat Washington bergerak cepat untuk mengisi posisi kosong tersebut.

Presiden Barack Obama dilaporkan telah menominasikan nama baru untuk mengisi jabatan Dubes AS di Indonesia. Nama yang diajukan Obama adalah Joseph R. Donovan, Jr.

Donovan ditunjuk berserta sejumlah nama lain untuk mengisi beberapa pos penting dalam Pemerintahan AS. Obama pun yakin bahwa penominasian Donovan dan sejumlah koleganya merupakan keputusan tepat menjelang berakhir masa kepresidenannya.

"Saya yakin pengalaman dari mereka dan kerja keras yang mereka miliki dapat membantu kita menyelesaikan semua tantangan yang dihadapi Amerika," ucap Obama seperti dikutip dari situs Gedung Putih, Selasa (19/7/2016).

"Saya begitu gembira atas pelayanan yang telah mereka lakukan. Saya menantikan bekerja bersama mereka," kata Obama.

Informasi yang dirangkum Liputan6.com, Donovan merupakan pejabat karier Departemen Luar Negeri AS. Dari rekam jejaknya, ia adalah salah satu diplomat Negeri Paman Sam yang ahli dalam Asia Timur.

Donovan pernah menjabat beberapa posisi penting. Di antaranya, Direktur urusan Tiongkok dan Mongolia Deplu AS, Konsulat Jenderal AS untuk Hong Kong dan Wakil Duta Besar AS untuk Jepang.

Meski telah diajukan Obama, Donovan harus menunggu persetujuan senat AS untuk sepenuhnya bertugas di Indonesia menggantikan dubes sebelumnya, Robert Blake.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.