Sukses

3-6-1982: Dubes Israel Ditembak Hingga Lumpuh

Kejadian mengerikan terjadi di jalanan Ibukota Inggris, London.

Liputan6.com, Jakarta Kejadian mengerikan terjadi di Inggris. Duta Besar Israel untuk Britania Raya, Shlomo Argov ditembak hingga lumpuh di jalanan Ibukota London.

Dari keterangan Kepolisian London, sebelum penembakan, Argov diketahui baru saja meninggalkan Hotel Dorchester di Daerah Mayfair. Ketika itu pula, seorang pemuda tiba-tiba menyerangnya.

Pria tersebut melepaskan 2 tembakan. Satu meleset dan tembakan lain mengenai kepala Argov.

Usai menembak Argov, pelaku langsung dilumpuhkan para bodyguard Argov. Dua tembakan ke arah pelaku membuatnya menderita cedera kepala serius.

Meski demikian, 2 orang rekan pelaku penembakan kabur dengan mobil. Namun, pelarian tak bertahan lama. Kendaraan itu berhasil dikejar dan ditangkap di wilayah Brixton.

Kejadian penembakan pada Dubes Israel dilakukan di depan warga yang ada di sekitar tempat kejadian. Menurut seorang saksi, Robert Maxwell, penembakan itu terjadi begitu cepat.

"Itu terjadi mendadak dan sama sekali tidak diharapkan. Kami tahu saat kejadian itu berakhir, ada yeng menembak dan korban sudah jatuh," sebut Maxwell seperti dikutip dari BBC, Jumat (2/6/2016).

Argov merupakan diplomat karir senior di Israel. Setelah kejadian, dirinya dibawa ke Rumah Sakit Bloomsbury.

Kejadian penembakan terhadap Argov, langsung diselidiki oleh Otoritas Keamanan Inggris. Dua orang pelaku Warga Negara Yordania dan Irak yang terkait militan Palestina, Abu Nidal ditangkap pada Maret 1983.

Pada tanggal yang sama pada1923, majalah ternama Amerika Serikat Time terbit pertama kali. Selain itu pada, Bulgaria menyatakan kemerdekaan dari Kerajaan Ottoman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini