Sukses

Misteri Air Sungai Berubah Jadi Hijau Neon, Fenomena Alam atau...

Liputan6.com, Sydney - Pemandangan tempat itu terlihat seperti suasana yang ada di dalam film fiksi sains atau sci-fi Hollywood. Aliran air sungai yang hijau neon pekat, mengaliri perairan Bronte Gully, Sydney.

Fenomena langka tersebut membuat warga setempat terkejut dan bertanya-tanya, apa gerangan penyebab perubahan warna air itu.

Menurut laporan yang dikutip dari Daily Telegraph, Rabu (25/5/2016), insiden tersebut terjadi pada akhir pekan yang sama dengan perubahan air Sungai Westmead di barat Sydney -- berubah warna menjadi hijau neon pekat.

Menurut seorang juru bicara Dewan Waverley, fenomena air hijau neon itu sedang diteliti dan beberapa teori bermunculan, berkaitan dengan penyebab perubahan warna air aneh itu.

"Berdasarkan foto itu, para dewan percaya warna tersebut disebabkan oleh sisa bahan pewarna. Biasanya digunakan tukang pipa untuk memeriksa saluran air," kata juru bicara itu.

Dia juga menyatakan, insiden perubahan warna air di Bronte dan Waverley tersebut, bukanlah merupakan suatu kejadian aneh. Hal serupa juga pernah terjadi sebulan yang lalu, di mana warna air di Taman Centennial berubah kebiruan, akibat adanya limbah pembuangan zat pewarna biru.

"Sisa pewarna itu tidak terlalu menimbulkan dampak pada lingkungan. Walaupun warnanya sangat mencolok," kata dia.

Fenomena perubahan air sungai menjadi hijau neon itu terjadi di beberapa aliran sungai di Sydney (Dailytelegraph.com.au).

Juru bicara Waverley itu juga mengatakan, pihaknya terus memantau gedung-gedung yang berada di sekitar pembuangan. Mereka juga bekerjasama dengan Sydney Water, untuk mengkonfirmasi apakah pengujian selokan sedang berlangsung di daerah itu atau tidak.

Juru bicara Sydney Water mengatakan, pihaknya tidak bertanggung jawab sama sekali, atas perubahan warna yang terjadi. Hanya mengatakan, pewarna digunakan tukang pipa untuk mengidentifikasi aliran air di saluran pipa bawah tanah.

Penjelasan serupa dilontarkan oleh pihak berwenang di Sydney Barat, atas insiden perubahan warna anak Sungai Toongabbie. Namun, pihaknya mengatakan belum ada konfirmasi terkait apakah kejadian itu berhubungan dengan penampakan burung kakak tua warna-warni di daerah pinggiran timur.

Sebelumnya, seorang warga juga melaporkan kejadian yang sama terjadi di Sungai Cooper Park -- dia mengatakan air berwarna hijau neon itu tak berbau maupun berasa.