Sukses

Cairan Hijau Neon `Misterius` Penuhi Sinkhole di Philadelphia

Steven sontak merasa khawatir, ingatannya langsung melayang pada film kartun aksi era 1980-an, "Kura-kura Ninja".

Sinkhole muncul tiba-tiba, melubangi jalan beraspal Philadelphia, Amerika Serikat. Tak hanya keberadaannya yang mengejutkan. Lubang runtuhan yang menganga tersebut dipenuhi cairan hijau terang yang misterius. Mirip radioaktif cair.

Steven Reitz, salah satu yang pertama menjumpai keberadaan cairan aneh itu mengatakan, cairan hijau itu muncul beberapa hari setelah lubang terbentuk di ruas jalan di Distrik Northern Liberties. Kala itu ia dan teman-temannya menjumpai kolam hijau, merasa heran, sama sekali tak tahu dan tak bisa menebak bagaimana itu terbentuk.

"Kami sedang berjalan dan melihat genangan warna hijau neon, dan berseru, 'Wah, lihat itu'," kata dia seperti dimuat Daily Mail, Rabu 19 Juni 2013.  

Saat memeriksanya keesokan harinya, lubang itu terisi penuh dengan cairan. Steven menambahkan, lubang serupa terlihat tiap tahun, seakan bergerak dan terus berpindah di sepanjang jalan.

Steven sontak merasa khawatir, ingatannya langsung melayang pada film kartun aksi era 1980-an, "Kura-kura Ninja" -- di mana cairan yang mirip seperti itu bisa mengubah mahluk hidup jadi mutan.

Alkisah dalam dalam kartun itu, ninja jahat, Shredder menuangkan cairan radioaktif warna hijau neon ke selokan, untuk membunuh ninja terhormat, Master Yoshi -- yang tinggal di sana.

Alih-alih mati, Yoshi berubah menjadi tikus antropomorfik, sementara 4 kura-kura yang ia pelihara menjadi mutan amfibi -- yang kemudian ia latih seni ninjutsu, lalu mereka bersumpah untuk membalas dendam pada Shredder dan menghentikan kejahatannya.  

Tapi, apa sebenarnya cairan dalam lubang tersebut?

Teka-teki cairan misterius terungkap setelah direktur laboratorium Departemen Air Philadelphia, Gary Burlingame buka suara.

Ia mengatakan, warna hijau neon itu berasal dari pewarna alias sengaja diwarnai, untuk membantu para pekerja menentukan asal usul sinkhole.

Para pekerja menuangkan zat pewarna ke air yang mengalir di bawah tanah, lalu mereka turun ke lubang jalan, dan melihat ke arah mana air itu mengalir.

Burlingame menekankan, meski terlihat seperti cairan radioaktif, pewarna tersebut aman, tak beracun, dan bisa terurai secara alami.

Sinkhole bisa mematikan

Tak hanya membuat jalanan bolong, bangunan ambruk, sinkhole atau lubang runtuhan juga bisa memicu kematian,

Seperti yang terjadi di Tampa, Florida. Lubang besar berdiameter 9 meter menelan kamar tempat Jeffrey Bush (37) sedang terlelap tidur. Kakak korban dan petugas berusaha menyelamatkannya. Namun, ia hilang tertelan bumi.

Sinkhole juga nyaris menelan sejumlah mobil. Di Chicago, sinkhole menelam 3 mobil. Insiden terjadi di 9600 South Houston Avenue, Florida, Kamis 18 Maret 2013, sekitar pukul 05.00 pagi waktu setempat. Diawali tanah ambles yang menciptakan lubang besar. Kedalaman diperkirakan sekitar 6-12 meter.

Selain di Amerika Serikat, sinkhole juga kerap dijumpai di China. (Ein/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini