Sukses

7 Tingkah Menyebalkan Penumpang Pesawat

Liputan6.com, Canberra - Bepergian dapat menjadi hal yang menyenangkan. Namun jarak yang tempuh terlalu jauh bisa menimbulkan rasa bosan.

Walaupun pesawat dikenal sebagai moda transportasi yang dapat mempersingkat waktu perjalanan, tak dimungkiri rasa jemu juga menghampiri jika waktu tempuh selama mengudara terlalu lama.

Berbeda jika memakai transportasi darat seperti mobil atau kereta, di mana dalam perjalanan dapat melihat pemandangan atau berhenti untuk beristirahat sejenak. Demikian juga saat membawa kendaraan sendiri, karena bisa mampir ke tempat-tempat wisata untuk 'membunuh' kebosanan.

Kendati demikian, rasa jenuh bukanlah menjadi alasan penumpang moda transportasi umum khususnya pesawat untuk berperilaku ugal-ugalan dan melanggar norma yang ada. Terlebih bila sampai mengganggu kenyamanan orang lain karena ulahnya.

Berikut ini 8 tingkah menyebalkan penumpang pesawat versi laman passengershaming.com yang yang Liputan6.com lansir dari news.com.au, Senin (29/2/2016).

2 dari 5 halaman

1-2

Kaki yang Diangkat ke Sandaran Kursi

Kaki penumpang yang disenderkan di dekat jendela (Foto: PassangerShaming.com)

Jangan pernah mengangkat kaki lalu menyelipkannya ke sisi kosong kursi pesawat. Sebab hal itu bisa saja mengganggu penumpang lain yang berada di dekatnya.

Coba bayangkan apabila kaki tersebut mengeluarkan bau yang tak sedap? 

Rambut Menjuntai

Rambut penumpang lain yang mengganggu penumpang di belakangnya (Foto: PassangerShaming.com)

Sebelum memutuskan untuk duduk di dalam pesawat, pastikan tidak ada bagian dari tubuh Anda yang mengganggu penumpang lain.

Jangan bertingkah seperti orang tersebut, di mana rambutnya menjuntai hingga menutupi layar yang ada di belakangnya. Mungkin dia menyukai rambut gimbalnya, tapi belum tentu orang lain suka dengan keberadaan rambutnya yang menghalangi pandangan orang lain di belakangnya.

3 dari 5 halaman

3

Pasangan yang Tak Terpisahkan

Pasangan yang tak ingin berpisah, sekalipun hanya dipisahkan oleh lorong pesawat (Foto: PassangerShaming.com)

Bepergian dengan pasangan mungkin menjadi hal yang menyenangkan. Tapi bagaimana jika tempat duduknya tak berdekatan? 

Hindari menggunakan headset bersamaan jika Anda duduk tak bersebelahan, meski ingin mendengarkan lagu kesukaan. Hal tersebut justru mengganggu mobilitas orang lain.

Solusinya, tiba lebih awal untuk check in agar bisa memesan tempat duduk yang berdampingan.

4 dari 5 halaman

4-5

Anjing Buang Air di Lorong Pesawat

Anjing buang air besar di pesawat? Bagaimana hal ini bisa terjadi? (Foto: PassangerShaming.com)

Melihat kotoran anjing berada di tempat umum saja membuat sebagian besar orang merasa jijik, apalagi melihat hewan tersebut buang air di dalam pesawat. Bagaimana bisa sang pemilik membiarkan anjingnya berkeliaran hingga melakukan hal itu.

Hal tersebut jelas-jelas mengganggu para penumpang. Selain lorong menjadi kotor, bau dari kotoran tersebut pasti akan susah hilang karena berada di tempat tertutup.

Baju yang Menutupi Layar

Baju penumpang yang menutupi layar di belakangnya

Mungkin Anda terbiasa menggantung jaket atau baju pada sandaran kursi, tapi jangan samakan pesawat dengan rumah. Kebiasaan yang tak mengganggu di rumah bisa jadi kebalikannya jika dilakukan di tempat umum.

Hal tersebut jelas mengganggu kenyamanan penumpang di belakangnya, untuk mengoperasikan layar sentuh yang jadi hiburan selama berada di pesawat.

5 dari 5 halaman

6-7

Majalah Berserakan

Majalah yang berserakan di bawah bangku pesawat (Foto: PassangerShaming.com)

Jika merasa bosan atau sedang mencari sesuatu di pesawat, Anda tak perlu sampai mengacak-acak majalah seperti yang dilakukan penumpang dalam gambar tersebut. Hal itu tentu saja menambah pekerjaan para awak kabin yang bertugas membersihkan pesawat.

Kaki Diangkat ke Atas

Seorang penumpang yang mengangkat kakinya (Foto: PassangerShaming.com)

Perjalanan dengan jarak tempuh yang lama memang terasa membosankan, dan membuat tubuh pegal.

Jangan mengangkat kaki meski hal itu bisa meringankan rasa pegal selama perjalanan. Berjalan dari depan hingga ke belakang pesawat untuk mengurangi rasa kaku di badan jauh lebih baik.

Loading