Sukses

Ini Bocoran 'Rahasia Menjijikkan' dalam Pesawat Terbang

Mantan pegawai penerbangan ini membongkar hal-hal menjijikan di dalam pesawat yang mungkin belum pernah Anda bayangkan

Liputan6.com, Jakarta - Kini semua orang bisa terbang menggunakan pesawat. Moda transportasi udara tersebut kian terjangkau dan mengangkut lebih banyak penumpang, antarkota, bahkan melintasi benua.

Meski tiketnya relatif lebih mahal dari alat transportasi lainnya, pesawat ternyata tidak sebersih yang Anda bayangkan.

Banyak hal di pesawat yang ternyata mengandung banyak bakteri, termasuk makanan dan minuman yang disajikan.

Mantan pegawai salah satu maskapai penerbangan, Allison Hope, membeberkan rahasia menjijikkan yang jarang diketahui penumpang. Hal tersebut ditulisnya di refinery29.uk dan dikutip oleh Daily Mail, Jumat (19/2/2016).

Berdasarkan tulisannya, ternyata minuman hangat yang sering disajikan di pesawat, seperti teh dan kopi, berpotensi menyimpan banyak bakteri.

Hal itu disebabkan air panas yang digunakan untuk menyeduh terletak di dalam tangki yang susah dibersihkan, sehingga memiliki kemungkinan tinggi untuk menyimpan bakteri dan kontaminan lainnya.

Untuk meminimalisasi kemungkinan tersebut, ia menyarankan agar lebih memilih air atau minuman kemasan. Selain itu, ia juga menyarankan agar mengonsumsi makanan yang masih tersegel.

Hal lain yang ternyata menjijikkan adalah meja lipat. "Banyak penumpang sering mengganti popok anaknya di meja tersebut..." tulisnya.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa meja lipat merupakan tempat terkotor di pesawat, dibandingkan dengan sabuk pengaman dan lavatory--toilet pesawat.

Karena itu, pastikan Anda membersihkan meja lipat dengan cairan antibakteri sebelum menggunakannya.

Allison Hope juga menulis bahwa selama bertugas, ia banyak menemukan penumpang yang muntah karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini menyebabkan kursi pesawat adalah bagian yang paling banyak diganti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.