Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Macan Tutul Berbobot 45 Kilogram Kabur dari Kebun Binatang

Liputan6.com, Bangalore - Seekor macan tutul peliharaan suatu kebun binatang di kota Bangalore di selatan India lepas lagi dan melukai beberapa orang sebelum ia ditaklukkan. Padahal, minggu sebelumnya leopard yang sama terlepas ke suatu sekolah dan melukai 5 orang.

Dikutip dari The Telegraph pada Rabu (17/2/2016), kepala dinas peternakan Ravi Ralph mengatakan macan tutul jantan berbobot sekitar 45 kg itu meloloskan diri dari jeruji sempit di kandang besinya di kebun binatang Bannerghatta pada hari Minggu lalu.

“Sekitar 50 petugas yang terbagi dalam 6 tim telah melacak keberadaan macan tutul itu di dalam dan sekitar kebun binatang dengan mengikuti jejak kakinya," kata Ralph.

Ia menambahkan bahwa penyidikan sedang dilakukan untuk mengetahui caranya hewan buas itu meloloskan diri dari kandang.

Kebun binatang itu tidak memiliki kamera CCTV sehingga pihak berwenang khawatir macan tutul itu melarikan diri ke taman nasional seluas 202 hektar yang letaknya bersebelahan dengan kebun binatang.

 “Bahkan ketika masih di dalam kandang, hewan itu gelisah dan tampak resah. Kami berharap untuk bisa menangkapnya lagi dalam taman itu, karena ia tidak bisa melanglang terlalu jauh," lanjut Ralph.

Pada awal bulan ini, hewan yang sama menjadi pemberitaan setelah beredarnya sejumlah foto binatang itu berkeliaran di sebuah sekolah yang sedang tutup dan kemudian mencoba menerkam seorang petugas kehutanan, pegiat lingkungan, dan sejumlah orang lain yang mencoba mendekat.

Ia ditangkap dan dikandangi setelah terjebak di dalam ruangan dan ditembak dengan obat bius melalui kisi-kisi saluran udara dalam kejar-kejaran yang berlangsung sekitar 4 jam.

Menurut survei nasional yang terbit tahun lalu, jumlah macan tutul di India berkisar antara 12.000 dan 14.000 ekor. Mereka merambah ke kawasan padat penduduk karena habitat mereka tergusur.

Pada 2014, seekor macan tutul membunuh bocah lelaki berusia 5 tahun di halaman rumahnya di India tengah.

Rekaman video tahun 2013 menayangkan seekor macan tutul mengendap-endap ke pelataran blok apartemen di Mumbai dan kemudian menyergap seekor anjing kecil.

Perhatian, cuplikan video bagaimana hewan itu menyerang dan berusaha kabur:

Loading