Sukses

Tato Henna Cantik, Buat Wanita Tetap Percaya diri Tanpa Rambut

Membantu kaum wanita yang kehilangan kepercayaan diri karena tak berambut, Hollie Urbauer membantu dengan henna cantiknya.

Liputan6.com, Nebraska - Rambut bagi kaum perempuan kerap dianggap simbol kewanitaan, disebut sebagai 'mahkota wanita'. B

Sayangnya, tak sedikit wanita di dunia yang kehilangan rambut. Kondisi medis seperti alopecia, atau kemoterapi kanker, umum membuat rambut rontok. Kehilangan rambut pun membuat penderitanya merasa kehilangan kecantikan dan simbol keperempuanannya.

Umumnya masalah itu diatasi dengan mengenakan wig. Namun, dengan seni tato hena, seorang seniman membantu kaum wanita tetap percaya diri menunjukkan kulit kepalanya.

Awalnya Hollie tak terbiasa membuat tato kepala. (foto: AP)

Holllie Urbauer (39), seniman tato asal Nebraska, AS menawarkan layanan menato kepala gratis, khusus untuk kaum wanita yang kehilangan rambut. Ia akan melukis desain rumit dan indah, atau bentuk mahkota di kepala para wanita.

Awalnya, Hollie tidak banyak berpengalaman mengukir tato di kepala. Seperti seniman henna lainnya, ia terbiasa melukis tangan dan kaki. Ia sering melayani orang-orang yang memintanya bekerja membuat tato hena di pesta dan acara tertentu.

Kemudian, seorang wanita yang kehilangan rambutnya karena kemoterapi meminta Hollie menato kulit kepalanya.

Pekerjaan itu tidak sulit untuk Hollie. Tahun 2003 lalu, ibu Hollie didiagnosis kanker. Hollie pun menyanggupi mengerjakan tato itu secara gratis, dan gambarnya bertahan hingga dua minggu.

"Ibuku adalah inspirasi," Hollie bercerita pada Daily Mail. "Yang dialaminya sungguh mengerikan, namun ia sungguh berani sanggup melaluinya."

Nama Hollie pun semakin terdengar, dan ia semakin sering membuat 'mahkota' cantik bagi kaum wanita pengidap kanker. 

Melalui tato henna, Hollie mengembalikan kepercayaan diri para wanita yang tak berambut. (foto: AP)

"Pengalaman melawan kanker sungguh luar biasa. Untuk mereka yang melaluinya, saya ingin memberi semacam hadiah," ia menambahkan.

Baru-baru ini, ia menghias kulit kepala Ava Gagner (16). Gagner mengidap alopecia, kondisi medis yang membuat seluruh rambutnya rontok.

Perusahaan asuransi Ava tidak menyediakan biaya untuk wig, atau bahkan perawatan lainnya yang bisa membantu rambutnya tumbuh lagi. Ibu Ava, Amy, menghubungi Hollie untuk membuatkannya tato.

Pasien terakhir Hollie adalah Ava Gagner, gadis remaja pengidap alopecia. (foto: AP)

Rambut Ava rontok keseluruhannya pada musim panas tahun lalu. Pada bulan September, ia sudah kehilangan seluruh rambut dan bulu-bulu di tubuhnya, menurut tulisan di Facebook Amy.

"Tak perlu dikatakan, masa-masa itu sungguh penuh tantangan," Amy melanjutkan. "Namun syukurlah, jiwa pejuang Ava kuat dan ia menjadi inspirasi bagi semua sanak keluarga dan teman-temannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini