Sukses

Pemanasan Global, Gorila Ini Sampaikan Pesan untuk Perbaiki Bumi

Gorila bernama Koko, sampaikan pesan kepada umat manusia tentang bahaya pemanasan global yang sekarang ini sedang berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Seekor gorila yang bisa melakukan bahasa isyarat telah muncul dalam video baru untuk meningkatkan kesadaran terhadap perubahan iklim yang terjadi sekarang ini.

Tak diragukan lagi, ia menjadi gorila terbaik dari spesiesnya di dunia. Selama 44 tahun, Koko subspesies gorila Western Lowland telah menunjukkan kepada kita bahwa manusia tidak jauh berbeda dengan primata.

Koko subspesies gorila Western Lowland telah menunjukkan kepada kita bahwa manusia tidak jauh berbeda dengan primata. (unexplained-mysteries.com)

Dilansir Unexplained-Mysteries, Koko dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan memahami lebih dari 2.000 kata dalam bahasa Inggris.

Dilatih sejak masih kecil oleh Francine "Penny" Patterson, keterampilan Koko dalam berkomunikasi diduga setara dengan anak manusia, namun cukup mengesankan bagi seekor kera.

Kini, dalam upaya meningkatkan kesadaran kita atas pemanasan global, Koko telah muncul dalam sebuah video, memanfaatkan keterampilan bahasa isyarat untuk mengantarkan pesan kepada umat manusia tentang keadaan planet Bumi.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 14 detik, Koko mengatakan," Koko sayang manusia, Koko sayang Bumi. Tapi manusia bodoh," ungkapnya. "Perbaiki Bumi! Bantu Bumi! Lindungi Bumi."

Menurut laporan, cuplikan tersebut disiarkan dalam COP21 Climate Confrence di Paris bulan lalu.

"Karena memiliki kemampuan unik untuk berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa isyarat, Koko secara alami telah menjadi duta besar bagi binatang-binatang yang terancam punah," ungkap Gorilla Foundation dalam sebuah pernyataan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.