Sukses

Ini 10 Rahasia 'Tersembunyi' Pramugari-Pramugara

Liputan6.com, Jakarta Pramugari dan pramugara merupakan pekerjaan yang menuntut keramahan. Mereka murah senyum, dan mengutamakan kenyamanan penumpang.

Namun, di balik senyum ramah dan sikap siap membantu, mereka juga pandai menyimpan rahasia. Coba saja pikirkan, sebagian besar dari kita tak tahu mengapa lampu dimatikan saat mendarat. Jawabannya mungkin masih bisa dimaklumi, namun tak demikian dengan rahasia lainnya, seperti bahwa penerbangan kerap kali membawa organ tubuh manusia.

Baca Juga

Para pramugari dan pramugara membagi rahasia yang mereka simpan melalui internet. Beberapa jawaban mungkin menolong. Beberapa laginya, Anda mungkin berharap tak pernah mengetahuinya.

Dikutip Independent, inilah 10 rahasia yang disembunyikan para kru pesawat dari penumpang.

2 dari 3 halaman

Rahasia Headphone-Lampu Mati Saat Mendarat

 

1. Headphone yang dibungkus bukan barang baru

Entah apa alasannya, namun headphone yang disediakan di pesawat bukan benda baru di tiap penerbangan. Namun, semuanya sudah dibersihkan dan dibungkus kembali.

2. Alasan sesungguhnya lampu mati saat mendarat

Ada hubungan antara lampu bagian dalam pesawat dimatikan dan evakuasi. Ketika mata penumpang pesawat terbiasa dengan kegelapan, mereka akan mampu menyesuaikan diri saat di luar.

3. Air untuk teh dan kopi tidak bersih

Air minum yang digunakan untuk membuat kopi dan teh disimpan dalam tanki. Tempat tersebut tidak dibersihkan terlalu sering.

4. Jika pintu pesawat terbuka, kru pesawat tak dibayar

Para kru dibayar hanya pada 'jam penerbangan'. Artinya, jam-jam sebelum penerbangan di mana para pramugari sibuk mengangkat dan menata barang bawaan penumpang merupakan pekerjaan tanpa gaji, menurut Heather Pooler, mantan pramugari yang bekerja selama 15 tahun.

3 dari 3 halaman

Dari Diet Coke hingga Membawa Jenazah

5. Amat sulit menyajikan diet coke

Perlu waktu lama untuk seorang pramugari menyajikan minuman ini. Diet coke perlu waktu lama untuk berhenti berbuih dan mendesis.

"Saya bisa menyajikan minuman berbeda untuk tiga penumpang untuk waktu yang sama dengan menuang satu gelas diet coke," ungkap Poole.

6. Bilik kamar mandi bisa dibuka dari luar

Sebagian besar dari ini menyangkut isu keamanan. Kru pesawat boleh membuka pintu jika ada yang meninggal atau kecelakaan di dalam, atau ada di sana untuk waktu lama dan mengundang kecurigaan.

7. Aturan mematikan barang elektronik

Alat elektronik tidak sungguh-sungguh bisa mengakibatkan kecelakaan pesawat, namun bisa sungguh-sungguh mengganggu pilot.

8. Sebagian besar pesawat membawa jenazah

Diungkapkan oleh situs Quora, sebagian besar maskapai penerbangan dalam negeri membawa jenazah atau anggota tubuh manusia.

9. Petir

Pesawat disambar petir setiap saat. Namun, sambarannya mengakibatkan kerusakan yang kecil atau hampir-hampir tak berdampak.

10. Mengenai masker oksigen

Ketika masker oksigen turun, Anda hanya punya persediaan oksigen untuk 15 menit setelah menariknya. Waktu tersebut cukup bagi pilot untuk membawa pesawat ke ketinggian lebih rendah, di mana penumpang bisa benapas bebas. Di ketinggian, Anda hanya akan sanggup bernapas selama 15-20 detik sebelum pingsan.*