Sukses

Aksi Musisi Mainkan Saksofon Saat Bedah Otak

Demi pemantauan fungsi neurologisnya, pemain musik ini mengalami bedah otak sambil tetap siuman.

Liputan6.com, Malaga - Demi memantau kegiatan neurologis pasien, para dokter sengaja membiarkan seorang musisi jazz memainkan saksofon sambil menjalani pembedahan otak untuk mengambil tumor di otak. Prosesi itu tak luput dari rekaman.

Baca Juga

Dikutip dari The Local pada Sabtu (19/12/2015), Carlos Aguilera tetap siuman meski awalnya dibius dan mendapakan suntikan pereda rasa sakit sebelum operasi digelar pada 16 Oktober 2015 lalu di rumah sakit Carlos Haya di Malaga, Spanyol.

Dalam operasi itu, sang musisi membawakan sejumlah lagu jazz termasuk karya klasik ‘Misty’.

Setelah pulih pasccaoperasi, pemuda anggota orkestra Malaga itu muncul dalam jumpa pers bersama dengan tim bedahnya pada Rabu 16 Desember 2015.

Musisi jazz ini menjalai bedah otak sambil bermain saksofon. (Sumber @peppalau2014 via The Local)

Saat itu ia menjelaskan didiagnosa tumor otak karena kerap pusing berulang. Kekhawatiran tak bisa bermain musik lagi sempat terbesit di otaknya.

"Tanpa musik, aku bukan apa-apa."

"Dua bulan lalu aku berada di meja bedah dan sekarang hidupku masih panjang, aku telah hidug kembali," tambahnya.

Dokter Guillermo Ibáñez sebelumya pernah memimpin tim bedah yang mempelopori operasi sejenis ini di California. "Pasien ini adalah pemusik profesional dan itulah 'nyawanya'."

"Itulah cara satu-satunya untuk membedah tanpa merusak bagian otak yang terkait dengan musik.

Berikut ini cuplikan video pembedahan yang dikutip dari EuroNews:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.