Sukses

Cegah Tabrakan, Rusia Melepas Tembakan Peringatan ke Kapal Turki

Setelah tembakan peringatan, kapal ikan Turki mengubah haluan dan melintas sekitar 500 meter dari posisi kapal fregat.

Liputan6.com, Lemnos - Rusia mengatakan salah satu kapal perangnya mengeluarkan tembakan peringatan ke arah kapal Turki di Laut Aegean untuk menghindari tabrakan.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, kapal jenis fregat Smetlivy ditambatkan di lepas pantai Pulau Lemnos, Yunani, pada Minggu 13 Desember pagi ketika kapal ikan Turki berlayar ke arahnya dari jarak sekitar 1.000 meter.

"Meskipun awak Smetlivy sudah berusaha mengontak beberapa kali, awak kapal ikan Turki tidak menanggapi kontak radio dan tidak menanggapi sinyal visual sandi semafor atau cerawat (dari kami)," ujar Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip Reuters, Senin (14/12/2015).

Setelah tembakan peringatan, kapal ikan Turki mengubah haluan dan melintas sekitar 500 meter dari posisi kapal fregat. Atas insiden tersebut, Rusia mengatakan sudah melayangkan panggilan ke atase pertahanan Turki di Moskow.

Sejauh ini Turki belum mengeluarkan pernyataan terkait insiden yang terjadi di tengah ketegangan kedua negara itu.

Ketegangan terjadi menyusul penembakan pesawat tempur Rusia oleh dua pesawat F-16 milik Turki di perbatasan Suriah-Turki pada 24 November lalu.

Dan pekan lalu, Turki mengungkapkan kemarahan setelah muncul foto yang tampak menunjukkan seorang tentara Rusia mengacung-acungkan peluncur roket, ketika kapalnya melintasi perairan Turki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.