Sukses

Yunani Diguncang Gempa Hebat 6,7 SR

Getaran gempa dilaporkan terasa hingga ibukota Athena.

Liputan6.com, Athena - Gempa bumi kuat mengguncang bagian barat Yunani, Lefkada pada Selasa waktu setempat. Kekuatannya diperkirakan 6,7 skala Richter (SR).

"Tapi belum ada laporan kerusakan atau cedera," kata polisi Yunani seperti dikutip dari Reuters (17/11/2015).

Seorang pejabat pemerintah lokal di Lefkada juga membenarkan, bahwa sejauh ini belum ada laporan kerusakan serius maupun korban cedera.

Sebelumnya, US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS melaporkan pusat gempa berkekuatan 6,7 SR itu terjadi 10 km di bawah permukaan bumi. Namun menurut analisa kedua, besaran lindu tercatat 6,8 SR pada pusat kedalaman 5 km.

Dilansir dari SF Gate, menurut USGS, gempa di lepas pantai Yunani di Laut Ionia -- sekitar 180 mil dari Athena -- terjadi pada pukul 07.10 waktu setempat.

Menurut surat kabar Yunani berbahasa Inggris, Kathimerini, getaran terasa hingga ibukota Athena. Geodynamic Institute setempat menempatkan besarnya gempa tersebut 6 SR, berbeda dengan perhitungan USGS. (Tnt/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.