Sukses

Nelayan ini Tangkap 'Ikan Monster' yang Sanggup Telan Anak Kecil

Liputan6.com, Hokkaido - Hirasaka Hiroshi mendapat tangkapan luar biasa. Saat mengail di perairan Hokkaido, dekat perbatasan laut Rusia, ia menangkap ikan yang luar biasa besar yang bentuknya menakutkan. Mirip 'monster'.

Ikan tersebut diketahui sebagai Wolffish atau ikan serigala (Hoplias aimara).

Normalnya, Wolffish bisa tumbuh hingga sepanjang 112 cm dan memiliki berat 15 kg. Namun, ikan yang ditangkap Hirasaka panjangnya nyaris 2 meter.

Kepala makhluk itu sungguh besar, sekitar seperlima dari panjang tubuhnya. Saat menganga, mulutnya sangat lebar, cukup besar untuk menelan anak kecil.

Wolffish atau ikan serigala  (Hoplias aimara) hasil tangkapan nelayan Jepang (Twitter)



Makhluk itu punya reputasi mengerikan karena ukuran dan penampilannya yang bikin bulu kuduk berdiri. Spesies itu pernah ditampilkan di serial River Monsters dalam Animal Planet.

Namun, meski penampakannya mengerikan, Wolffish tak memangsa manusia. Ia mengonsumsi kepiting dan hewan moluska di lautan.

Ikan tersebut justru dalam posisi 'bahaya' setelah ditangkap. Hiroshi Hirasaka -- yang memposting hasil tangkapannya dalam Twitter -- punya reputasi sebagai pemburu makhluk laut aneh di lautan, lalu memakannya.

Perburuannya tak hanya dilakukan di Jepang. Tapi juga ke seluruh dunia.

"Tujuan hidupku adalah menangkap makhluk-makhluk yang menarik," kata dia seperti dikutip dari Daily Star. Ia juga pernah menulis buku, yang dalam Bahasa Inggris berarti Exotic Fish Species: I Caught, Judged and Tried Eating.

"Sungguh tak rugi terbang 2 kali ke Shiretoko (Hokkaido) dalam 3 bulan. Makhluk ini sungguh keren," tulis Hirasaka soal ikan yang terakhir ditangkapnya itu.

2 dari 2 halaman

Efek Radiasi Nuklir?


Bagi sejumlah orang, tangkapan Hirasaka yang luar biasa bisa jadi pertanda buruk. Apalagi, hewan laut itu ditemukan tak jauh dari perairan Fukushima.

Jangan-jangan, ukuran ikan itu yang di atas normal adalah efek radiasi PLTN Fukushima yang luruh pasca gempa 9 SR yang terjadi di Jepang pada 11 Maret 2011.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (17/9/2015), lindu dan tsunami dahsyat menghancurkan 3 reaktor nuklir, yang kemudian memuntahkan radiasi ke laut bebas.

Gempa,  yang merenggut 18.500 nyawa adalah bencana nuklir terbesar sejak krisis nuklir Chernobyl pada tahun 1986.

Sejak itu, sejumlah makhluk aneh ditemukan di sekitar Fukushima.  Ada kupu-kupu yang bentuknya abnormal, anak kelinci yang fisiknya tak wajar, ikan 'Mike the Murasai' yang mengandung cesium 2.500 kali aturan batas aman radiasi, juga sayuran dan buah 'mutan' yang bentuknya mengerikan.



Buah abnormal akibat radiasi nuklir Fukushima

 

Belakangan juga ditemukan bunga daisy 'mutan', yang ditemukan di Nasushiobara, yang berjarak sekitar 110 kilometer dari PLTN Fukushima. (Ein/Rie)

 

Bunga mutan ini jadi salah satu fenomena yang 'terlahir' karena bencana nuklir di Fukushima.

Loading