Sukses

Presiden Mesir Tandatangani MoU Bebas Visa dengan Jokowi

Lawatan ke Jakarta merupakan kunjungan Presiden El-Sisi pertama sejak 32 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kedatangan tamu penting. Kali ini, pemimpin dunia yang menyambangi Tanah Air adalah Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi.

Lawatan ke Jakarta merupakan kunjungan Presiden El-Sisi pertama sejak 32 tahun lalu. Ada 2 nota kesepahaman yang ditandatangani Presiden El-Sisi dan Presiden Jokowi.

"Menurut rencana ada 2 MoU yang akan di tanda tangan, terkait bebas visa diplomatik servis dan dinas dan terkait pelatihan diplomatik," ucap Juru Bicara Kementerian Luar Arrmanatha Nasir, dalam pres briefing mingguan Kemlu di Jakarta, Jumat (4/8/2015).

Tidak cuma itu, isu lain yang akan dibahas, kata Arrmanatha, adalah mengenai perlindungan WNI di Mesir. Dia menegaskan hal itu sangatlah penting karena di Mesir ada begitu banyak warga Indonesia.

"Salah satu isu yang dapat perhatian dan kerjasama adalah perlindungan WNI dan trafficking persons," sebut Arrmanatha.

"Di mesir ada banyak WNI, ada 4.800 WNI dan juga walaupun mayoritas 3.000 mahasiswa, tapi banyak juga pekerja-pekerja informal," papar dia.

Mantan Menteri Pertahanan Mesir itu tiba di Jakarta pada Jumat pukul 15.00 dan langsung melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Esok harinya, sebelum bertolak kembali ke Mesir, El-Sisi dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lee Luong Mihn, untuk membicarakan penguatan hubungan ASEAN Mesir. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini