Sukses

Uniknya Paus Beluga Mengikuti Irama Lagu The Beatles

Siapa sangka ikan paus Beluga bisa mengikuti irama salah satu alunan lagu The Beatles melalui permainan alat musik cello.

Liputan6.com, Churcil, Manitoba Sejumlah paus Beluga di bawah permukaan air mengerumuni seorang pemain cello yang memainkan musik. Video ini  diunggah dalam akun resmi Facebook milik lembaga nirlaba Explore.org sebuah badan yang menjadi wadah bagi pengamat alam liar.

Pada saat kejadian, pemain cello itu memainkan lagi “Yesterday” ciptaan kelompok lawas “The Beatles”. Permainan dilakukan di atas perahu “Beluga Boat” milik lembaga tersebut yang sedang berada di Churchill River provinsi Manitoba, Kanada. Sejumlah paus Beluga tampak berkumpul di bawah permukaan air di sekitar perahu ketika sang pemusik melantunkan cellonya.

Keterangan dalam akun Facebook  (https://www.facebook.com/endangeredanimals) mengungkapkan, “Kami menikmati permainan cello di alam terbuka di atas Beluga Boat. Dapatkah kamu lihat induk dan anak paus yang bergoyang mengikuti irama?”

Gambar dari National Geographic

Mengutip keterangan di National Geographic, disebutkan bahwa paus Beluga dikenal juga sebagai paus putih dan karena warnanya itu mereka menjadi jenis paus yang mudah dikenali. Kediaman hewan ini lazimnya berada di kawasan sekitar Kutub Utara.

Bayi paus terlahir berwarna kelabu atau coklat, namun warnanya menjadi putih dengan bertambahnya usia. Hewan ini bersifat sangat sosial dan komunikatif dengan menggunakan sejumlah bunyi-bunyian seperti klik, siulan, dan dentang. Hewan ini bahkan dapat meniru beraneka ragam suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.