Sukses

Kotoran Manusia Hambat Olimpiade Renang

Kotoran manusia yang mengontaminasi perairan dinilai menghambat olimpiade renang yang akan digelar tahun depan.

Liputan6.com, Rio de Janeiro Para atlet olimpiade renang tahun depan direncanakan akan berenang dan berperahu di perairan Rio de Janeiro, Brasil. Hambatan pun menanti karena perairan tersebut dinilai terkontaminasi kotoran manusia.

Penyelidikan yang diberitakan The Washington Times, Senin (3/8/2015) menyatakan, para atlet berisiko terkena penyakit dan tidak mampu bersaing saat kompetisi berlangsung.

Kualitas air di perairan tersebut dinilai sangat berbahaya karena terkontaminasi virus dan bakteri dari kotoran manusia. Para penilai internasional dan atlet kecewa atas latihan yang sedang digelar. Pasalnya, beberapa atlet sudah jatuh sakit demam, muntah dan diare.

Pemerintah Brasil meyakinkan, air di sana tetap aman bagi atlet olimpiade. Direktur medis dari Komite Olimpiade Internasional juga menyatakan, semua kendala akan diatasi secepatnya dan disediakan jalur aman untuk tempat bertanding. 

Polusi air yang ekstrem termasuk hal lazim di Brasil, sebagian besar limbah tidak ditanggulangi dengan aman. Limbah mentah mengalir melalui selokan terbuka ke sungai, yang aliran airnya melintasi tempat olimpiade akan dilangsungkan.

Akibatnya, atlet olimpiade hampir dipastikan bersentuhan dengan virus. Meskipun pemerintah berjanji membereskan kekacauan, bau limbah mentah masih menyapa wisatawan saat mendarat di  Bandara Internasional Rio de Janeiro. (fhh/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini