Sukses

Gigi Dinosaurus T-Rex Raksasa Ditemukan di Jepang

"Fosil tersebut kemungkinan berasal dari rahang bawah dinosaurus sepanjang 10 meter," kata para ahli paleontologi.

Liputan6.com, Tokyo - Dua fosil gigi dinosaurus ditemukan di Jepang selatan. Penemuan itu menjadi bukti pertama bahwa tyranosaurus besar pernah hidup di daerah tersebut.

Fosil gigi Tyrannosaurus rex atau T-rex itu ditemukan di lapisan batu berumur 81 juta tahun di Prefektur Nagasaki tahun lalu.

"Fosil tersebut kemungkinan berasal dari rahang bawah dinosaurus sepanjang 10 meter," kata para ahli paleontologi seperti diberitakan Asahi Shimbun yang dikutip dari BBC, Rabu (15/7/2015).

Sebelumnya, gigi dari tyranosaurus berukuran lebih kecil juga pernah ditemukan di Jepang. "Namun, temuan terbaru ini adalah bukti pertama bahwa pemangsa besar ini pernah hidup di daerah tersebut," kata Museum Dinosaurus Prefektur Fukui.

"Temuan ini menunjukkan adanya ekosistem yang dikuasai tyranosaurus di Nagasaki, yang menghubungkan ke benua Asia saat itu," ucap peneliti utama museum, Kazunori Miyata.

Meski kedua gigi ditemukan pada tempat yang sama, tidak diketahui apakah fosil tersebut berasal dari mahluk yang sama, sementara spesies pastinya masih belum dapat dipastikan.

"Gigi terbesar tercatat sepanjang 8,2 cm, sementara fosil yang kedua rusak, tetapi kemungkinan ukurannya lebih besar ketika masih berada di rahang dinosaurus," jelas pihak museum.

Tyranosaurus hidup di Asia dan Amerika Utara pada periode Cretaceous -- 66 juta dan 83 juta tahun lalu. (Tnt/Rie/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.