Sukses

Barongsai Naga dari 83.600 Potongan Jerami

Pria berumur 70 tahun bersama putrinya menciptakan makhluk legenda dalam budaya rakyat Tiongkok.

Liputan6.com, Tiongkok - Menghabiskan 4 bulan bekerja di bengkelnya di Provinsi Jiangxi, Tiongkok, Fangze Yu, seorang pria berumur 70 tahun bersama putrinya menciptakan makhluk legenda dalam budaya rakyat Tiongkok dari 83.600 potongan jerami.

Dimulai dengan membuat kerangka bambu untuk mendukung strukturnya, Yu dan putrinya, seperti dilansir dari Oddity Central, Kamis (9/7/2015), kemudian mengumpulkan potongan jerami lalu merajutnya dengan 10 teknik menenun yang berbeda untuk melengkapi mahakarnya sepanjang 28 meter dengan berat 35 kilogram, yaitu seekor barongsai naga.

Menariknya, membuat barongsai dari batang Jerami ini ternyata kerajinan kuno yang telah dipraktikkan selama ratusan tahun sejak Dinasti Ming.

Barongsai jerami yang dulunya dibakar penduduk di tepi sungai, dianggap sebagai pertanda baik dan dipercaya dapat mengembalikan sang barongsai atau naga kembali ke istananya dan memberkati warga. Pembuatan naga ini diakui oleh badan khusus PBB, yaitu UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Tiongkok.

Sementara itu, Yu sendiri telah diakui oleh pemerintah sebagai ahli dalam membuat kerajinan yang terbuat dari bambu. Sejauh ini, Yu telah membuat 8 karya dari potongan jerami dan beberapa di antaranya telah ditampilkan dalam sebuah pameran dan memenangkan beberapa penghargaan.

Barongsai jeraminya saat ini tengah dipamerkan di museum di Kota Jiujiang, Tiongkok.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.