Sukses

Temuan Bangkai Kapal di Danau

Liputan6.com, Michigan - Seorang penyelam merekam temuan kapal terbalik yang tenggelam ke dasar danau di Michigan., AS puluhan tahun lalu.

Kapal SS William B. Davock tenggelam ke dasar danau Michigan di tengah badai ganas pada 11 November 1940. Ada 32 orang awak di kapal pengangkut batu bara itu ketika musibah terjadi.

Kapal itu tenggelam di kedalaman lebih dari 64 meter. Walaupun bangkai kapal itu sudah ditemukan pada tahun 1972 dalam keadaan terbalik, penyebab tenggelamnya kapal itu belum diketahui hingga penemuan dalam klip video ini.

Penyelam Jeff Vos dari badan nirlaba Michigan Shipwreck Research Association (MSRA) berhasil menjelajahi sekitar bangkai kapal pada musim gugur lalu. Pada penyelaman itu, terlihat sirip kemudi bengkok dan baling-baling yang terkunci.

Kepada Michigan Live, penyelam itu menduga arus air danau sangat kuat saat itu sehingga kemudinya bengkok ke arah baling-baling dan berhenti. Tanpa kemudi, kapal itu jadi bulan-bulanan badai ganas tersebut yang memiliki kekuatan hempasan angin 10 kilometer per jam. Gelombang yang diciptakannya pun setinggi 9 meter.

MSRA berniat meneliti lebih banyak lagi bangkai-bangkai kapal di danau di Michigan, setelah air danau itu semakin jernih dalam beberapa tahun belakangan ini.

(Alx/Tnt)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS