Sukses

Jepang Selidiki Keaslian Video ISIS Eksekusi Kenji Goto

Polisi Tokyo menyelidiki keaslian video ISIS yang menggambarkan pemenggalan Kenji Goto.

Liputan6.com, Tokyo - Warga negara Jepang, Kenji Goto, dikabarkan telah menjadi korban ISIS. Dalam video yang dirilis ISIS pada 31 Januari 2015, ISIS mengklaim telah memenggal kepala jurnalis tersebut.

Pemerintah Jepang pun menyelidiki keaslian video tersebut. Setelah beberapa jam dianalisis oleh polisi di Tokyo, Menteri Pertahanan Jepang Gen Nakatani menyatakan bahwa rekaman itu dinilainya sebagai asli.

"Memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi," ucap Nakatani yang dikutip telegraph, Minggu (1/2/2015)

Hal senada disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga. Dia menyatakan video terbaru yang diposting oleh militan ISIS adalah kemungkinan otentik.

Kenji Goto adalah seorang wartawan lepas terkenal dan pembuat film yang pergi ke Suriah pada Oktober lalu. Dilaporkan ia pergi ke Suriah untuk membebaskan seorang warga Jepang lainnya, Haruna Yukawa. Video yang diklaim menunjukkan pemenggalan Yukawa muncul kurang dari seminggu lalu.

Sementara itu, ibunda Goto, Junko Ishido, mengaku dia tidak bisa menemukan kata-kata untuk menggambarkan kematian putranya. Goto, menurutnya, pergi ke Suriah karena kebaikan dan keberanian.

Sedangkan kakak Goto, Junichi, berharap adiknya dapat kembali ke Jepang dalam keadaan hidup. "Saya dipenuhi kesedihan (karena) dia tidak bisa melakukannya," kata Junichi.

Jepang, bekerja sama dengan Yordania, sebelumnya berusaha membebaskan Goto dan pilot Yordania, Mu'ath al-Kaseasbeh. Namun perundingan mencapai jalan buntu pada Sabtu 31 Januari pagi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini