Sukses

Kuburan Massal Berisi Jasad Hangus Terbakar Ditemukan di Meksiko

Banyak kuburan massal ditemukan di Meksiko beberapa tahun belakangan ini.

Liputan6.com, Meksiko City - Sebuah kuburan massal ditemukan lagi di Meksiko. Tepatnya di luar Kota Iguala, sebelah selatan Guerrero. Lokasi itu juga disebut-sebut sebagai tempat di mana 43 pelajar dilaporkan hilang pada 27 September lalu.

Mereka dilaporkan hilang setelah menggelar aksi protes menuntut hak-hak guru pribumi.

Mengutip pemberitaan Reuters yang dikutip Senin (8/10/2014), polisi menemukan sekitar 20 jenazah yang tersebar dalam enam liang kubur saat pencarian puluhan pelajar yang dilaporkan hilang Sabtu 4 Oktober 2014.

Jaksa Agung negara bagian Guerrero Inaky Blanco mengatakan bahwa jenazah akan dikirim ke departemen forensik Meksiko untuk menentukan identitas, serta apakah ada kaitannya dengan pelajar yang hilang.

Dilansir dari News.com.au dari salah satu ayah siswa yang hilang, beberapa mayat yang ditemukan dalam kondisi hangus terbakar.

"Jasad itu dibakar, meraka bisa jadi anak-anak yang hilang itu," kata Yesus Lopez, yang putranya 19 tahun Giovani adalah salah satu yang hilang.

Sekitar 100 tentara, marinir dan federal dan polisi negara bagian mengepung lokasi kuburan massal itu ditemukan di 200 kilometer ke selatan Mexico City.

VOA News menuliskan, banyak kuburan massal ditemukan di Meksiko beberapa tahun belakangan ini. Diduga kekerasan dilakukan oleh geng penjual obat terlarang yang telah menewaskan ribuan orang.

Meksiko selama bertahun-tahun berada dibawah pengawasan ketat internasional, karena dugaan adanya pelanggaran HAM oleh pasukan keamanan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini