Sukses

Mengenal Lebih Jauh Abu Bakr al-Baghdadi, Pemimpin Negara Islam

Liputan6.com, Baghdad - Abu Bakr al-Baghdadi yang dikenal di antara para pendukungnya sebagai Khalifah Ibrahim, pertama kalinya memperlihatkan wajahnya saat khotbah Jumat 5 Juli lalu, di Mosul, Irak.

Sebelumnya beberapa fotonya memang dibocorkan, tetapi Baghdadi tidak tampil di muka umum selama 4 tahun, sejak menjadi pemimpin kelompok Islamic State in Iraq and al-Sham (ISIS) atau Negara Islami di Irak dan Suriah --yang sebelumnya bernama Negara Islami Jihadis Irak.

Seperti dilansir BBC, Kamis (31/7/2014), sebelum April 2013 lalu, Baghdadi juga tidak terlalu banyak mengeluarkan pesan audio. Pesan audio pertamanya dikeluarkan bulan Juli 2012, berisi ramalan kemenangan Negara Islam di masa depan.

Kemudian, pernyataan tertulis pertamanya adalah sambutannya terhadap tewasnya Osama Bin Laden pada bulan Mei 2011. Sejak kemunculan kelompok tersebut, 15 bulan lalu, informasi tentang Baghdadi yang disediakan untuk media juga meningkat. Jumlah informasi khusus tentang latar belakangnya juga bertambah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keturunan Nabi Muhammad

Keturunan Nabi Muhammad

Pada Juli 2013, ahli ideologi asal Bahrain, Turki al-Binali yang menggunakan nama Abu Humam Bakr bin Abd al-Aziz al-Athari menulis biografi Baghdadi, terutama untuk menggarisbawahi sejarah keluarga Baghdadi.

Turki al-Binali menyatakan, Baghdadi memang keturunan Nabi Muhammad, salah satu persyaratan kunci dalam sejarah Islam untuk menjadi khalifah atau pemimpin semua warga Muslim.

Baghdadi dikatakan berasal dari suku al-Bu Badri, yang sebagian besar berada di Samarra dan Diyala, Baghdad utara dan timur, dan secara historis penduduknya dikenal sebagai keturunan Nabi Muhammad.

Turki al-Binali kemudian menyebut, sebelum invasi Amerika Serikat (AS) terhadap Irak, Baghdadi menerima gelar doktor dari Universitas Islamis Baghdad, yang memusatkan kajian pada kebudayaan, sejarah, hukum dan jurisprudensi Islam.

Baghdadi sempat berkhotbah di Masjid Imam Ahmad ibn Hanbal di Samarra. Dia memang tidak memiliki gelar dari lembaga keagamaan Sunni, seperti Universitas al-Azhar di Kairo atau Universitas Islami Madinah di Arab Saudi.

Kendati, dia lebih memiliki pengalaman pendidikan Islam tradisional, dibandingkan pemimpin al-Qaida, Osama Bin Laden dan Aymen al-Zawahiri, yang keduanya adalah orang biasa, insinyur dan dokter.

Karena itulah Baghdadi menerima pujian dan legitimasi yang lebih tinggi di antara pendukungnya.

3 dari 4 halaman

Menjadi Pemimpin

Menjadi Pemimpin

Setelah invasi AS terhadap Irak pada 2003 lalu, Baghdadi dan beberapa rekannya mendirikan Jamaat Jaysh Ahl al-Sunnah wal Jamaah (JJASJ), Angkatan Bersenjata Kelompok Warga Sunni, yang beroperasi dari Samarra, Diyala, dan Baghdad.

Di dalam kelompok ini, Baghdadi menjadi pemimpin dewan hukum. Pasukan pimpinan AS menahannya dari Februari hingga Desember 2004. Tetapi membebaskannya, karena Baghdadi tidak dianggap sebagai ancaman tingkat tinggi.

Mengikuti jejak al-Qaida di Tanah Dua Sungai mengubah nama menjadi Majlis Shura al-Mujahidin (Dewan Syura Mujahidin) pada awal 2006, pimpinan JJASJ menyatakan dukunganya dan penggabungan diri. Di dalam struktur baru, Baghdadi bergabung dalam dewan hukum.

Tetapi tidak lama kemudian organisasi mengumumkan perubahan nama kembali di akhir 2006, menjadi Negara Islam Irak (ISI).  Baghdadi menjadi pengurus umum dewan hukum provinsi di dalam 'negara' baru di samping anggota dewan penasihat senior ISI.

Ketika pimpinan ISI, Abu Umar al-Baghdadi meninggal pada April 2010, Baghdadi menggantikannya.

4 dari 4 halaman

Tokoh Sejarah?

Tokoh Sejarah?

Sejak menjadi pemimpin Negara Islam, Baghdadi membangun dan membangkitkan kembali organisasi yang berantakan, karena kebangkitan kesukuan Sunni yang menolaknya, sementara di saat yang sama kekuatan militer AS juga meningkat.

Dibandingkan dengan usaha pertama Negara Islam untuk berkuasa dalam sepuluh tahun terakhir, sampai sejauh ini, walaupun masih menggunakan kekerasan, mereka dipandang lebih berhasil meski pun tetap timbul pertanyaan tentang kelangsungannya dalam jangka panjang.

Keberhasilan ini sebagian karena mereka menggabungkan penerapan hukum keras dengan layanan sosial, di samping juga strategi pemberian umpan.

Jika ditelaah, Negara Islami menargetkan wilayah di sepanjang Sungai Efrat dan Tigris, di samping daerah yang memiliki minyak di Irak dan Suriah.

Baghdadi dan pemimpin Negara Islami lain menyadari monopoli atas energi dan peningkatan kekuatan militer akan memudahkan penghimpunan kekuatan.

Tidak bisa diramalkan secara persis nasib Negara Islam di masa mendatang, tetapi Baghdadi jelas membuat organisasinya menjadi lebih dikenal dunia.

Baca juga:

Dalih Israel Tetap Bombardir Gaza Meski Ribuan Nyawa Melayang

Obama Dituntut DPR Amerika Serikat

Hamas Ajak Hizbullah Lebanon Bertempur Lawan Israel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini