Sukses

Ellen Johnson Sirleaf Presiden Baru Liberia

Mantan Menteri Keuangan Liberia Ellen Johnson Sirleaf menang dalam pemilu presiden di negara itu. Dengan demikian, lulusan Universitas Harvard ini menjadi wanita pertama yang menjabat Presiden Liberia.

Liputan6.com, Monrovia: Mantan Menteri Keuangan Liberia Ellen Johnson Sirleaf memenangi pemilihan umum presiden di negara itu. Ia meraih 59,2 persen suara. Dia unggul atas saingan terkuatnya, bintang sepak bola George Weah yang mendapat 40,8 persen. Komisi Pemilu Liberia mengumumkan kemenangan Johnson Sirleaf itu, Kamis (10/11). Dengan demikian ia menjadi wanita pertama yang menjabat presiden di negara itu.

Sementara George Weah menolak mengakui kemenangan wanita lulusan Universitas Harvard itu. Ia telah melayangkan surat ke Komisi Pemilu dan pengamat internasional memprotes kecurangan dalam pelaksanaan pemilu pada 8 November silam. Namun tuduhan mantan pemain AC Milan itu telah dibantah para pengamat internasional yang menilai pemilihan berjalan dengan adil dan bersih. Sementara Komisi Pemilu setempat menyatakan akan tetap menindaklanjuti tuduhan itu walau telah mengumumkan hasilnya.

Atas kekalahan calonnya itu, pendukung Weah mengungkapkan kekecewaan mereka di jalanan ibu kota Liberia, Monrovia. Pemilu putaran kedua ini diikuti sekitar 1,3 juta rakyat. Pada putaran pertama, Weah menjadi pemenang setelah meraih 28 persen total suara [baca: Pemilu Putaran Kedua di Liberia Dimulai].(BOG/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.