Sukses

Festival Roket Menyambut Hujan di Thailand

Bun Bung Fai atau festival roket tahunan diadakan untuk merayu Dewa Hujan agar lebih banyak menurunkan air hujan. Belakangan ritual ini menjadi ajang pembuatan roket berhadiah uang.

Liputan6.com, Yasothon: Penduduk Kota Yasothon sekitar 531 kilometer dari Bangkok, Thailand mengikuti Bun Bung Fai atau festival roket tahunan, baru-baru ini. Festival ini bukan sekadar keramaian biasa tapi juga ritual menyambut musim hujan. Peluncuran roket ke langit dipercaya bisa membujuk Dewa Hujan untuk menyuburkan langit dan mempercepat datangnya musim hujan. Keuntungannya tanaman warga menjadi subur pula.

Roket dibuat beraneka ragam. Umumnya terbuat dari tabung atau potongan bambu lalu diisi bubuk mesiu dan dihiasi kain berwarna-warni. Roket tersebut lantas diluncurkan dari sebuah penahan yang juga terbuat dari bambu. Bagi orang Thailand, festival ini menjadi ajang kompetisi membuat roket. Penilaian pemenang berdasarkan kecepatan meluncur dan lama waktu roket terbakar di udara. Selain mendapat hadiah utama berupa uang sang pemenang juga merebut uang hasil bertaruh.

Salah satu roket mempunyai panjang delapan meter dengan isi sebanyak 129 kilogram bubuk mesiu. Pembuatannya memakan waktu beberapa pekan. Biaya yang dihabiskan mencapai 15 ribu bath atau sekitar US$ 380 atau setara Rp 3,5 juta.(KEN/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.