Sukses

Peringatan 40 Tahun Red Arrows

Tim pesawat akrobatik Panah Merah memperingati HUT ke-40 di Bandara Biggin Hill, Kent, Inggris, tempat pertama kali melakukan penerbangan. Manuver dan formasi para pilot pesawat tempur memukau penonton.

Liputan6.com, Kent: Tim pesawat akrobatik terkenal asal Inggris, Red Arrows atau Panah Merah, memperingati ulang tahun ke-40 secara meriah. Hari jadi Red Arrows dirayakan di tempat pertama kali melakukan penerbangan pada 15 Mei 1965, yakni di Bandar Udara Biggin Hill, Kent, Inggris.

Para pilot penantang maut Panah Merah menampilkan keahlian aksi akrobatik mereka di udara.
Pertunjukan dilakukan para pilot Red Arrows junior dan disaksikan para pilot senior serta murid-murid sekolah.

Salah satu formasi kebanggaan kelompok penerbang ini adalah Berlian Sembilan. Manuver dan formasi para pilot pesawat tempur yang menjadi ciri khas tim ini tetap mengundang decak kagum penonton. Anak muda menyoraki dan bertepuk tangan sewaktu tim Panah Merah melakukan balet udara yang mengesankan di kecepatan sampai 600 mil per jam serta memancarkan asap merah, putih, dan biru.

Saat pertama kali dibentuk, tim ini mampu melakukan 40 formasi terbang atau akrobatik udara. Sejak itu, formasi yang dapat mereka lakukan terus bertambah hingga dikenal karena kemampuannya melakukan formasi rapat. Saat ini, tim Red Arrows telah melakukan hampir 4.000 kali pertunjukan akrobatik udara di lebih dari 50 negara. Red Arrows kini diakui sebagai salah satu tim akrobatik udara pertama di dunia dan tak pernah gagal memukau penonton dalam pertunjukan mereka.(DNP/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.