Sukses

Kapal Malaysia Masuk Lagi ke Karang Unarang

Kapal perang Malaysia, KD Kerambit, masuk ke perairan Karang Unarang, Kaltim, didampingi dua kapal patroli Polisi Air Malaysia. KRI Nuku dan KRI Tongkol bersiaga menjaga kawasan tersebut.

Liputan6.com, Karang Unarang: Kapal Tentara Laut Diraja Malaysia KD (Kapal Diraja) Kerambit, Ahad (6/3) malam, kembali melintas di kawasan Karang Unarang, Kalimantan Timur. Kehadiran KD Kerambit didampingi dua kapal patroli Diraja Malaysia. Padahal, Ahad dini hari, kapal itu telah menjauh ke utara karena Indonesia sepakat menghentikan pembangunan rambu suar. KD Kerambit pergi dibuntuti Kapal Republik Indonesia (KRI) Rencong sampai keluar perairan Indonesia.

Sebelumnya, KD Kerambit masuk ke kawasan Karang Unarang untuk menghentikan pembangunan mercusuar yang dilakukan Departemen Perhubungan. Namun, beberapa jam kemudian, kapal itu berlayar kembali karena Indonesia sepakat menghentikan sementara pembangunan mercusuar [baca: Pembangunan Mercusuar Karang Unarang Dihentikan Sementara].

Saat ini, gugus Karang Unarang tampak dijaga dua kapal perang Indonesia, yakni KRI Nuku dan KRI Tongkol. Sementara kekuatan udara, empat pesawat tempur F-16 masih disiagakan di Sepinggan, Balikpapan, Kaltim [baca: Empat F-16 Disiagakan untuk Ambalat].

Di Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pagi tadi telah mengontak Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Abdullah Ahmad Badawi untuk membicarakan krisis batas antarkedua negara. Hari ini, Presiden juga dijadwalkan tiba di Tarakan, Kaltim, dengan agenda mengunjungi sekaligus memantau kondisi wilayah Indonesia yang tengah disengketakan [baca: Hari Ini Presiden Yudhoyono ke Ambalat].(AIS/Widyaningsih dan Sony Sigit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini