Sukses

Menlu: Presiden ke Timtim untuk Jangka Panjang

Komisi I DPR meminta Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda menjelaskan kepergian Presiden Megawati ke Timor Leste. Presiden ke Timtim lantaran diundang PBB dan secara khusus oleh Xanana Gusmao.

Liputan6.com, Jakarta: Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat Presiden Megawati Sukarnoputri berkunjungan ke Timor Leste. Di antaranya, atas undangan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan secara khusus diminta Presiden Timor Leste Xanana Gusmao Lebih dari itu, kepergian Megawati juga menyangkut kepentingan jangka panjang hubungan diplomatik kedua negara. Demikian dijelaskan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda ketika menjawab pertanyaan wakil rakyat dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR di Gedung DPR/MPR, Kamis (23/5). Baca: Presiden ke Timtim demi Kepentingan Nasional].

Menurut Menlu, kepergian Megawati juga dimaksudkan untuk mempermudah penyelesaian aset milik Indonesia di Timor Leste. Itu pun masih menghadapi masalah karena saat ini masih terdapat perbedaan pandangan antara pemerintah Indonesia dan Pemerintahan Transisi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Timtim (Untaet) mengenai aset Indonesia. Untaet berpandangan, Indonesia harus menukar aset yang di Timor Leste dengan kerusakan yang ditimbulkan pasca-Jajak Pendapat yang nilai mencapai US& 4 milyar.(AWD/Abbas Yahya dan Doni Indardi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.