Sukses

Kepala BKPM Akan Diganti

Wapres Jusuf Kalla mengatakan penggantian Kepala BKPM Theo F. Toemion sudah direncanakan sejak tiga bulan silam karena kinerja BKPM dinilai mengecewakan. Penggantian Theo tak terkait dugaan pemukulan di JIS.

Liputan6.com, Jakarta: Penggantian Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Theo F. Toemion tetap akan dilakukan. Rencana penggantian ini tak terkait insiden pemukulan yang diduga dilakukan Theo terhadap sejumlah orang saat menonton pertandingan bola basket antarmurid di Sekolah Jakarta International School, Terogong, Jakarta Selatan. Hal ini dinyatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, usai salat Jumat (29/4).

Jusuf Kalla mengungkapkan penggantian Theo dan sejumlah pimpinan lembaga nondepartemen telah direncanakan sejak tiga bulan silam. Soalnya, kinerja lembaga negara itu dinilai mengecewakan. Hal ini terlihat dari data realisasi investasi asing di Indonesia. Data BKPM menunjukkan adanya penurunan investasi.

Pada 2000 silam, jumlah persetujuan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai 412 proyek. Tapi, sejak Theo memimpin--pertengahan 2001, jumlah persetujuan PMDN itu menurun. Pada 2004, jumlahnya melorot menjadi 191 proyek [baca: Investasi Asing Tahun 2004 Menurun].

Kasus pemukulan yang melibatkan Theo terjadi pada Ahad silam. Saat itu, Dani, anak Theo dikeluarkan dari pertandingan basket yang melibatkan dirinya. Wasit yang memimpin pertandingan itu beranggapan Dani telah melakukan pelanggaran sebanyak lima kali. Insiden ini memicu perselisihan antara istri Theo dengan salah seorang orang tua murid berkewarganegaraan asing. Selang beberapa saat, Theo dan salah seorang adik iparnya memukul sejumlah orang tua murid warga negara asing itu.(MAK/Aldi Yarman dan Erwin Arif)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini