Sukses

Ketombean? Kenali Jenisnya dan Atasi dengan Cara Ini

Simak di sini cara mengatasi ketombe sesuai jenisnya.

Liputan6.com, Jakarta Dari banyak masalah rambut yang ada, ketombe menjadi problematika yang paling banyak dialami baik pria dan juga wanita. Ketombe tak hanya akan membuat kulit terasa gatal saja, tapi juga dapat mempengaruhi penampilan Anda.

Untuk mengatasinya, perlu diketahui terlebih dahulu jenis ketombe yang Anda miliki agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Lalu apa saja jenis ketombe yang ada dan bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

1. Ketombe akibat kulit kepala kering

Memiliki kulit kepala yang kering juga bisa menyebabkan ketombe pada kepala Anda. Jika ini menjadi penyebabnya, pastikan untuk mencari formula sampo yang ringan sehingga tidak mengikis minyak alami pada kulit kepala Anda.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis ketombe

2. Ketombe akibat jamur

Jamur pada kulit kepala atau yang dikenal dengan Malassezia globosa akan memproduksi asam oleat yang dapat meningkatkan produksi sl kulit pada kulit kepala. Untuk mengetahuinya, coba lihat ketombe yang dimiliki. Jika berwarna putih kekuningan dan disertai rasa gatal, itu tandanya Anda mengalami ketombe yang diakibatkan oleh jamur. Dalam hal ini, penanganan ahli seperti dokter kulit mampu menuntaskan masalah ketombe Anda.

3. Ketombe akibat kotoran di kulit kepala

Biasanya ini terjadi bagi Anda yang gemar menggunakan produk styling. Produk tersebut akan meninggalkan residu apabila tidak tuntas membersihkannya. Jadi pastikan untuk rutin cuci rambut agar residu produk styling luruh sempurna

3 dari 3 halaman

Jenis ketombe

4. Ketombe akibat psoriasis

Kondisi ini membuat membentuk kulit menjadi kronis yang diakibatkan oleh sistem imun yang menyerang jaringan kulit sehar. Produksi sel kulit akan meningkat sebelum kulut mati mengelupas dan membentuk lapisan baru yang terasa gatal dan kemerahan. Untuk mengatasinya, penggunaan sampo dengan kandungan Salicylic acid dan zinc dapat menjadi solusi tepat untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.