Sukses

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Kulit Berminyak

Punya kulit berminyak harus esktra merawatnya, sayangnya banyak yang masih melakukan empat kesalahan ini

Liputan6.com, Jakarta Kulit berminyak menjadi permasalahan yang mengganggu penampilan jika tidak ditangani dengan benar. Perlu diketahui, kulit wajah yang berminyak lebih rentan berjerawat. Untuk itu, perawatan yang tepat bisa dilakukan untuk meminimalisir permasalahan tersebut.

Selain melakukan antisipasi dengan serangkaian perawatan, Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat membuat kulit semakin berminyak. Seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Minggu (6/5/2018), berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari jika memiliki kulit berminyak.

1. Mencuci wajah terlalu sering

Membersihkan wajah secara berlebihan dan terlalu sering dapat membuat kulit semakin berminyak. Hal ini terjadi karena berpengaruh pada kadar pH kulit. Meski merasakan wajah Anda kotor terkena debu, sebaiknya cuci di saat akan keluar rumah dan setelah keluar rumah saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Produk kecantikan berlebihan

2. Produk kecantikan berlebihan

Wajah berminyak rentan terhadap munculnya jerawat. Tidak masalah jika Anda menggunakan perawatan jerawat untuk meredakan peradangan jerawat. Namun, hindari pengaplikasian secara berlebihan.

Hal ini karena produk perawatan jerawat biasanya mengandung salicylic acid. Senyawa ini baik untuk menghilangkan jerawat, tetapi tidak dengan keadaan kulit berminyak Anda yang dapat menjadi semakin buruk.

3 dari 4 halaman

Tidak menggunakan pelembap

3. Tidak menggunakan pelembap

Banyak yang mengira kulit yang berminyak tidak membutuhkan pelembap karena takut wajah kian berkilap. Namun hal ini keliru.

Anda tetap membutuhkan pelembap, tetapi dengan kandungan yang benar dan tepat. Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, gunakanlah pelembap yang memiliki kandungan air tinggi sehingga dapat menyeimbangkan kadar minyak berlebih pada kulit.

4 dari 4 halaman

Tidak menggunakan toner

4. Tidak menggunakan toner

Sama halnya dengan pelembap, Anda juga tidak dapat melewatkan proses pengaplikasian toner pada wajah. Toner berfungsi untuk menutup pori kulit yang melebar.

Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit. Meski Anda memiliki kulit berminyak, jangan melewatkan toner dalam rangkaian perawatan kecantikan. Pilihlah toner tanpa alkohol dan gunakan tidak secara berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.