Sukses

Lakukan Ini pada Produk Makeup dan Kecantikan agar Berfungsi Maksimal

Liputan6.com, Jakarta Setiap perempuan tentu memiliki produk kecantikan dan makeup yang cukup banyak. Dari mulai skin care hingga produk makeup seperti lipstik, eyeshadow hingga foundation. Kesemua produk ini tentu diharapkan dapat mempercantik penampilannya setiap hari.

Sebagian perempuan bahkan tidak mempermasalahkan soal harga, yang penting kualitasnya bagus. Tapi ada satu fakta ironis. Tidak seperti item fashion yang bisa dipakai hingga bertahun-tahun kemudian, semahal-mahalnya sebuah produk kecantikan dan makeup, ketika sudah saatnya expired berarti sudah tidak bisa dipakai (padahal isinya masih banyak). Apakah ini bisa dibilang sebuah kerugian?

Bisa jadi. Tapi bisa juga tidak, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Tapi sekarang ini sudah banyak metode yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir pembuangan produk kecantikan dan makeup. Apalagi sejumlah brand membuka pelayanan recycle terhadap produk-produknya. Jadi, tidak semata-mata memaksimalkan nilai dari produk tersebut, tapi juga membantu menjaga kelestarian lingkungan (sebuah kontribusi kecil yang pastinya sangat berpengaruh untuk bumi).

Mendapati rangkaian produk kecantikan di beauty shelf sudah masanya harus dibuang? Tunggu dulu. Tips berikut bisa membantu menggantikannya tanpa perlu membeli baru.

 

2 dari 3 halaman

Kembalikan

Setelah membeli sebuah kosmetik ternyata jarang sekali dipakai karena lebih nyaman dengan produk lain yang serupa. Jika belum tahu, Sephora melayani pengembalian produk. Jadi kalau kita beli produk tersebut (meski sudah dipakai) di sana, kita bebas mengembalikannya. Namun, dengan syarat dilakukan dalam waktu 60 hari setelah pembelian dan belum banyak produk yang dipakai.

Daur Ulang

Sejumlah brand makeup dan skincare seperti Lush, Kiehl's, Origins, dan Aveda memiliki program recycle, di mana kita bisa membawa produk-produk lama untuk didaur ulang oleh brand tersebut. Hal yang sama berlaku pada MAC Cosmetics. Kita berhak dapat satu produk gratis jika kita membawa enam produk untuk didaur ulang.

Cipta Ulang Produk Makeup

Jika tidak sengaja menjatuhkan eyeshadow atau bedak, jangan buru-buru membuangnya atau beli yang baru. Kosmetik yang pecah bisa dikembalikan seperti semula. Caranya dengan menambahkan alkohol, lalu membuatnya padat kembali seperti baru.

 

   

3 dari 3 halaman

Panjangkan Usia Maskara

Maskara yang sudah hampir tiba masa expired pasti menjadi kering. Agar bisa terus dipakai dengan hasil maksimal, kita bisa menambahkan obat tetes mata ke dalam maskara untuk membuatnya basah kembali.

Manfaatkan Kemasan Lama

Kemasan plastik atau kaca dari sebuah produk bisa didaur ulang sendiri, dengan cara menjadikannya kontainer atau wadah. Misal, gelas kaca lilin aroma terapi bisa dimanfaatkan jadi tempat menyimpan koleksi kuas makeup atau bahkan pot tanaman.

Bukan Kemasan Plastik

Jika ingin lebih concern pada pelestarian lingkungan, akan lebih baik memilih produk kecantikan yang tidak memiliki kemasan plastik (material yang sulit hancur). Sehingga ketika membuang produk tersebut, kita tidak merasa terlalu bersalah pada alam.

Donasikan

Yang paling mudah, sekaligus paling mulia, adalah mendonasikan produk kecantikan yang sudah tidak terpakai (tapi belum expired) ke orang lain, komunitas, atau organisasi yang memang fokus pada dunia kecantikan.

Penulis:  Monica Dian

Sumber: Fimela.com

Artikel Selanjutnya
Parade Tampilan Makeup dan Tatanan Rambut Terbaik di Oscar 2018
Artikel Selanjutnya
Buang Produk Makeup Ini Bila Anda Sakit, Kenapa?