Sukses

Pesona Batik Wastra Nusantara di Pusat Perbelanjaan

Liputan6.com, Jakarta Hari Batik Nasional tidak hanya dirayakan dengan menggunakan batik ke tempat kerja. Salah satu kegiatan yang menarik lainnya, yaitu menghabiskan akhir pekan dengan menonton pergelaran busana di pusat perbelanjaan.

Hal ini yang dilakukan Summarecon Mal Kelapa Gading (MKG) untuk kedua kalinya, yakni kembali mempersembahkan event Pesona Batik Wastra Nusantara. Pergelaran budaya ini digelar mulai 29 September hingga 8 Oktober 2017.

Gelaran Pesona Batik Wastra Nusantara diselenggarakan oleh MKG setiap tahunnya sebagai ajang memamerkan indahnya pesona batik yang merupakan wastra Nusantara, sekaligus meningkatkan industri lokalnya dengan mengedukasi dan mengajak pengunjung untuk lebih mencintai serta mengapresiasi salah satu kekayaan budaya Indonesia melalui beragam acara.

Namun, tahun ini MKG tak hanya memfokuskan pada batik, tetapi juga unsur budaya Nusantara lainnya, yaitu kerajinan tangan hingga aneka permainan tradisional. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat semakin mengenal dan mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia.

“Setiap tahunnya MKG menggelar Pesona Batik Wastra Nusantara. Event ini menjadi momen yang tepat untuk terus melanjutkan tujuan tersebut, sehingga kami pun menampilkan tak hanya unsur batik, tetapi juga unsur budaya kita lainnya, seperti permainan tradisional yang semakin langka,” kata Tommy L Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading, seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (2/10/2017).

 

2 dari 3 halaman

Batik parade dari desainer

Batik Fashion Parade dari para desainer, perajin, dan pengusaha batik Indonesia semakin menambah semarak acara tersebut. Bagi para pengunjung yang ingin menambah koleksi batiknya, dihadirkan Batik Bazaar Gallery dengan para peserta bazarnya adalah perajin pengusaha batik yang sudah terkenal, seperti Pesona Batik Madura, Galeri Batik Jawa, Batik Tatiek Sri Harta, Canting Wira Surabaya, Batik Ny Indo, Padi, Citra Lawas, Mega Mendung, Azmiah Jambi, Jajaka by Ivan Gunawan, Mahadevi, Handy Hartono, Gallery Batik Tissa, Z(et)a, Asana Batik, Rizkya Batik Solo, Matjak, dan Amanda Tania.

3 dari 3 halaman

Permainan tradisional

Sebagai mal keluarga, MKG tak ketinggalan menghadirkan Gudang Dolanan Indonesia yang dapat menghibur anak-anak dengan permainan tradisional, seperti bola bekel dan congklak.

Setiap akhir pekan, anak-anak juga dapat ikut serta dalam lomba permainan tradisional di area Gading Walk, seperti bakiak, gasing, egrang batok, dan engsreng. Ada juga talk show dan workshop bertemakan permainan tradisional sehingga anak-anak masa kini dapat mengenal dan andil dalam melestarikan permainan tradisional kita.

Loading