Sukses

Ketahui Manfaat Biji Chia untuk Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Biji chia atau biji selasih merupakan salah satu jenis makanan yang disebut-sebut paling kuat dan sehat di dunia. Selain secara rutin mengonsumsi biji chia dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata biji chia juga dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. 

Dilansir dari Boldsky Sabtu (3/6/2017) biji chia adalah salah satu bahan terbaik untuk dikonsumsi agar kulit dan rambut Anda tampak lebih indah, sehat dan bercahaya. Penasaran apa saja manfaatnya? 


1. Membantu mencegah jerawat

Biji chia mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Ambil beberapa sendok biji chia dan campurkan dengan yogurt ke dalam blender, lalu haluskan. Anda dapat menggunakan bahan alami ini sebagai masker dalam dua kali sehari untuk menyingkirkan jerawat dan sel kulit mati. Biji chia juga mampu membuat kulit wajah tetap lembap.

2. Membuat kulit tampak bercahaya

Biji Chia adalah salah satu bahan terbaik yang dapat membantu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Minyak biji chia dapat juga digunakan sebagai pengganti serum yang berbahan dasar kimia. Untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya, coba oleskan minyak biji chia pada wajah. Ambil beberapa tetes minyak biji chia dan pijat wajah Anda secara perlahan. Biarkan semalaman dan cuci dengan air bersih di pagi hari.

3. Mencegah tanda-tanda penuaan kulit

Menurut studi, biji chia mengandung 30 persen lebih banyak antioksidan dibandingkan blueberry, yang terbukti sangat baik untuk kulit. Menggunakan biji chia dapat membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit dengan mudah. Selain itu, biji chia juga dapat menghilangkan flek hitam. 

4. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Kandungan tembaga dan seng dengan jumlah tinggi yang terdapat didalam biji chia terbukti penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, biji chia juga mengandung 23 persen protein keratin yang dapat membuat rambut lebih kuat dan berkilau. Ambil beberapa sendok biji chia dan tambahkan air, biarkan semalaman. Lalu, haluskan hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada rambut sebagai hair mask, tutup menggunakan shower cap. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. 

5. Membuat rambut tampak lebih berkilau

Ambil segenggam biji chia dan rendam dalam air. Lalu, tambahkan 4-5 sendok lemon dan aduk hingga rata. Terapkan campuran ini pada rambut, lalu bilas dan cuci dengan air hingga bersih. Ramuan alami ini dapat membantu mengembalikan kilauan pada rambut. 

Ine Yulita Sari

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Pastikan Jakarta Jadi Rumah untuk Semua Kalangan
Artikel Selanjutnya
M Taufik: Jakarta sebagai Ibu Kota Berakhir Juni 2020