Sukses

Jangan Buang Kulit Jeruk. Ketahui 4 Manfaatnya Berikut Ini

Simak manfaat kulit jeruk yang belum Anda ketahui berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat dari kulit jeruk. Saat menyantap buah jeruk, pada umumnya semua orang akan langsung membuang kulitnya begitu saja. Tanpa disadari Anda telah membuang banyak vitamin dari buah jeruk tersebut.

Perlu Anda ketahui kulit jeruk kaya akan asam buah dan vitamin C. Kulit jeruk bahkan mengandung lebih banyak fitonutrien dan flavonoid dari daging buah jeruk. Dilansir dari lifehack.com pada Senin (5/9/2016) berikut ini adalah 4 manfaat kulit jeruk yang belum Anda ketahui.

1. Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan
Kulit jeruk kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga bermanfaat sebagai toner wajah yang sangat bagus. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmeal secukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan Gigi
Kesal dengan warna gigi yang menguning? Menggunakan kulit jeruk adalah jawaban yang tepat. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.

3. Mengurangi Berat Badan
Vitamin C telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Dalam proses diet Anda, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan teh kulit jeruk. Keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat sejuk dan kering. Masukan 1 sendok makan kulit kering dalam 1 cangkir air panas. Tutup gelas dan biarkan selama 10 menit. Buang kulitnya lalu tambahkan beberapa sendok madu. Minum 2 cangkir teh per hari secara rutin.

4. Menurunkan Kolesterol
Kulit jeruk dapat mengurangi kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda. Semua orang mengetahui bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan pektin dalam kulit jeruk membantu mengurangi kolesterol, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Yang harus Anda lakukan hanyalah minum teh kulit jeruk dua kali setiap hari.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini